Kompas.com - 21/01/2013, 15:34 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kabar gembira bagi Anda penggemar buah-buahan jenis beri. Menurut penelitian, wanita yang rutin mengonsumsi buah stroberi atau bluberi beresiko lebih rendah terkena serangan jantung.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation ini menunjukkan, wanita yang sering makan buah beri risikonya 32 persen lebih rendah mendapat serangan jantung dibanding yang makan buah-buahan itu sebulan sekali.

Bluberi dan stroberi adalah buah yang tinggi kandungan flavonoid-nya, terutama jenis antosianin, yang diketahui bermanfaat untuk melawan terjadinya plak penyebab serangan jantung.

Penelitian terbaru mengenai manfaat buah beri itu meliputi 93.600 wanita berusia 25-42 yang berpartisipasi dalam Nurses Health Study II. Pola makan para partisipan ini dicatat setiap empat tahun selama periode 18 tahun. Pada akhir penelitian, terdapat 405 responden yang kena serangan jantung.

"Rajin mengonsumsi buah-buahan beri, bahkan pada usia muda akan menurunkan risiko serangan jantung di kemudian hari," kata Aedin Cassidy, ketua departemen nutrisi dari Norwich Medical School di Universitas East Angelica, Inggris.

Pada studi tahun 2012 yang dimuat dalam American Journal of Medicine juga disebutkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi antioksidan dari makanan, risikonya terkena serangan jantung turun sampai 20 persen dalam periode 10 tahun mendatang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.