Kompas.com - 04/02/2013, 13:51 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Merasa lebih sensitif terhadap bebunyian akhir-akhir ini? Bisa jadi Anda sedang stres. Sebuah studi baru mengindikasikan wanita stres lebih sensitif terhadap suara, bahkan suara percakapan saja bisa terdengar menyakitkan.

"Ketika Anda menjadi hipersensitif terhadap suara, suara-suara normal seperti dentingan sendok dan garpu, atau suara mesin mobil dapat sangat memekakan telinga," ujar Dan Hasson, profesor di departemen fisiologi dan farmakologi Karolinska Institute, Swedia, dalam sebuah rilis berita. "Bayangkan jika orang-orang ini harus bekerja di lingkungan dengan banyak suara bising, ini akan membuat mereka sangat terganggu."

Dalam menyusun studi ini, para peneliti melibatkan 208 wanita dan 140 pria yang berusia antara 23 hingga 71 tahun dengan tingkat stres rendah, medium, hingga akut untuk diuji stres selama 5 menit, baik fisik, mental, dan sosial. Untuk uji fisik, para peserta diminta dimenaruh tangannya di es. Para peneliti juga memeriksa tingkat stres mental mereka dan mengamati keadaan mereka dalam keadaan sosial yang menekan.

Meskipun tidak ada perbedaan untuk kemampuan mendengar dari para peserta sebelum uji stres, namun setelah tes dilakukan ternyata ada perbedaan. Wanita dengan tingkat stres lebih tinggi sangat lebih sensitif terhadap suara dibandingkan dengan wanita dengan tingkat stres rendah. Wanita yang hipersensitif ini merasa bahwa suara percakapan biasa terdengar sangat kencang hingga menyakitkan telinga mereka.

Sebaliknya, wanita dengan tingkat stres rendah tidak terlalu sensitif dengan suara. Para peneliti pun menyimpulkan hipersensitivitas terhadap suara adalah respon dari stres.

"Bentuk dari hipersensitivitas suara ini memaksa untuk orang dengan stres tinggi untuk menghindari lingkungan dengan suara bising," tambah Hasson. "Studi kami mengindikasikan bahwa tingkat stres dapat menjadi faktor yang perlu diperhatikan ketika mengobati pasien dengan gangguan pendengaran."

Meskipun studi yang dipublikasikan dalam jurnal Plos ONE ini melakukan tes pada wanita dan pria, hasilnya lebih signifikan pada wanita. Pada pria tidak terlalu terjadi perbedaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.