Kompas.com - 12/02/2013, 07:36 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun dan bunga tapak dara (Catharanthus roseus) bisa menjadi obat leukemia. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Arif Yoga Pratama, Ari Purnomo, dan Amallia Nugrahaeni, meneliti teh dari daun dan bunga tapak dara yang mengandung alkaloid vinblastine, vincristine, leurosine, catharanthine, dan lochnerine yang berkhasiat antikanker.

”Tanaman ini murah dan mudah diperoleh. Kandungan kimia utama yang berkhasiat antikanker adalah senyawa alkaloid vincristine dan vinblastine,” kata Arif sebagaimana dikutip situs UNY, Jumat (11/1).

Vincristine digunakan sebagai bahan obat kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, leukemia, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang saraf dan otot. Tanaman ini juga mengandung alkaloid catharanthine yang diduga melarutkan inti sel kanker. (UNY.ac.id/ELN)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.