Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2013, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika otot-otot Anda terasa nyeri setelah melakukan sesi melelahkan di gym, apa yang Anda lakukan? Apakah mengompresnya dengan air dingin atau minum energy drink?

Ternyata, ada cara yang lebih sederhana. Studi dari General Chemical State Laboratory di Yunani mengungkapkan, jus tomat ternyata lebih baik dalam membantu memulihkan otot-otot yang kelelahan setelah latihan olahraga. Sebab tomat menyediakan senyawa penting, yaitu likopen, yang diyakini mampu membantu proses pemulihan otot dan kadar gula darah kembali ke normal setelah diregangkan.

Uji coba selama dua bulan terhadap 15 atlet dilakukan berbagai institusi kesehatan di Yunani untuk mengamati tanda-tanda vital mereka sebelum, sesudah, dan selama latihan. Sembilan dari 15 atlet tersebut minum jus tomat setelah selesai latihan, dan enam yang lain mengonsumsi energy drink.

Ternyata, mereka yang memilih jus tomat merasakan otot-otot mereka pulih lebih cepat. Kadar gula darah mereka juga kembali normal lebih cepat setelah latihan berat. Tingkat enzim dan protein yang berbahaya, yang menyebabkan kerusakan otot dan otak, juga kembali normal lebih cepat.

Likopen selama dikenal sebagai senyawa pemberi warna merah pada tomat dan beberapa buah lain seperti pepaya, semangka, dan jambu biji merah. Likopen mengandung antioksidan yang berdaya kerja tinggi, yang dikenal mampu melawan kanker, penyakit jantung, dan beberapa penyakit lain. Itu sebabnya banyak orang menerapkan diet Mediterania untuk memperpanjang hidup.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com