Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadis Kesehatan: Dokter Biasa Tangani 100 Pasien Per Hari

Kompas.com - 27/02/2013, 13:22 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para dokter di puskesmas dan rumah sakit mengaku kewalahan menghadapi pasien yang memebludak karena adanya Kartu Jakarta Sehat (KJS). Namun, menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati, secara ideal, dokter biasa menangani 75-100 pasien per harinya. 

"Kita lihat rasionya, di puskesmas berapa. Misalnya, hanya 75 pasien, ya dokternya satu cukup dan tergantung kasus," kata Dien di Balaikota Jakarta, Rabu (28/2/2013).

Ia pun menampik kalau telah ada laporan bahwa saat ini di puskesmas jumlah pasien mencapai 300 pasien per harinya sehingga dokter kewalahan menanganinya. Sebab, kata dia, semua tergantung kasus.

"Kamu enggak bisa menggeneralisasi kalau kasusnya susah, lebih susah lebih sedikit. Kalaupun sampai 150 pasien, ya kita tempatkan dua dokter," ujar Dien.

Untuk mengantisipasi pembeludakan pasien, kata Dien, Pemprov DKI juga telah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) di tiap puskesmas di Ibu Kota. Penambahan dokter itu juga telah ditambah sejak minggu lalu.

Terkait jumlah penambahan dokter dari FK UI, Dien tak menjelaskan secara detail berapa jumlah dokternya.

"Kan sudah dibilang sudah ada yang ditempatkan di Koja, Tambora, Cilincing, dan Tanah Abang. Nah, itu sudah. Sampai sekarang kita lihat polanya seperti apa," kata Dien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com