Kompas.com - 15/04/2013, 16:50 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Meski sudah hapal apa saja keburukan makanan kategori junk food bagi kesehatan, tetapi terkadang sulit untuk melawan keinginan makan-makanan junk food. Makanan tersebut mungkin terasa enak di lidah, namun juga mengandung kalori dan garam yang tinggi, rendah gizi, serta sarat gula.

Ikutilah 7 kiat berikut untuk mengontrol keinginan makan makanan yang dapat merusak mood dan rencana penurunan berat badan ini.

1. Buatlah batasan.
Keinginan untuk makan mungkin sulit untuk ditekan. Namun membuat batasan dapat meminalisasi efek buruk yang ditimbulkan dan tetap memuaskan keinginan Anda. Mulailah dengan membuat batasan kecil seperti tidak minum soda untuk menemani makan junk food.

2. Manjakan dengan kualitas baik.
Sepotong makanan berkualitas tinggi akan lebih cepat memuaskan Anda. Jadi biarkanlah lidah Anda termanjakan dengan makanan berkualitas tinggi, karena mereka dapat cepat memuaskan Anda hanya dengan beberapa gigitan. Misalnya Anda bisa memilih sepotong cokelat hitam dengan kombinasi stroberi.

3. Cari alternatif yang lebih sehat.
Jika Anda sulit terpuaskan dengan hanya beberapa gigit makanan, maka pilihlah makanan yang lebih sehat. Misalnya, saat memilih pizza, pilihlah yang ber-topping sayuran. Atau daripada memilih keripik atau french fries, lebih baik pilih tahu panggang.

4. Gunakan kekuatan target.
Targetkan diri Anda untuk menjadi lebih langsing agar dapat memakai pakaian dengan ukuran yang lebih kecil. Setiap kali Anda ingin makan keripik, ingatlah betapa seksinya Anda dengan pakaian yang lebih kecil tadi.

5. Ubah kebiasaan buruk.
Jika Anda punya kebiasaan ngemil es krim atau keripik saat nonton TV, ubahlah dengan mengganti camilan Anda dengan buah atau yogurt rendah lemak. Lama-lama kebiasaan buruk Anda akan terganti dengan kebiasaan yang lebih baik.

6. Batasi alkohol.
Alkohol dapat mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan. Minuman ini dapat membuat Anda lebih mudah mengatakan "ya" untuk segala hal, termasuk keinginan makan junk food.. Maka, semakin Anda mengonsumsi alkohol maka mungkin Anda lebih sulit menahan keinginan untuk makan junk food.

7. Cukup tidur.
Ketika lelah dan kurang tidur, maka tubuh cenderung untuk memilih makanan yang berkalori tinggi untuk mencukupi kebutuhan energi. Perhatikan waktu tidur Anda sehingga tubuh tidak memerlukan tambahan energi dari makanan berkalori tinggi lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.