Kompas.com - 23/04/2013, 10:00 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok... saya mau bertanya. Biasanya lelaki normal apabila melihat film biru dia mengalami ereksi. Tapi kok saya ketika melihat wanita hamil atau memikirkannya langsung terangsang sampai-sampai bisa masturbasi... Ada ada dengan saya? Anehnya kalau melihat film biru... saya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk bisa ereksi... Apa sebenarnya yang alami dan bagaimana cara pengobatannya? dan apa yang menyebabkan semua itu Dok...? Terima kasih atas penjelasannya.

(Darga, 23, Bandung)


JAWAB :

Reaksi sensual terjadi kalau ada rangsangan seksual yang diterima. Jadi, tergantung pada rangsangan seksual yang diterima, yang dapat bersifat fisik ataupun psikis.

Rangsangan yang bersifat psikis misalnya menonton film erotis atau khayalan yang erotis. Namun, reaksi terhadap film atau khayalan erotis tidak sama pada semua orang. Khayalan erotis tentu tidak sama bagi setiap orang. Artinya, film erotis tertentu dapat membangkitkan reaksi seksual pada seseorang, tetapi belum tentu demikian pada orang lain.

Demikian juga khayalan erotis, kalau Anda terangsang ketika melihat perempuan hamil, itu wajar saja. Boleh jadi ketika melihat perempuan hamil, Anda mengkhayalkan bagaimana kondisi bagian tubuhnya yang berkaitan dengan aktivitas seksual.

Sama halnya seseorang yang lebih tertarik terhadap lawan jenis yang kurus, sedangkan orang lain lebih tertarik pada yang lebih gemuk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini.   

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.