Kompas.com - 10/05/2013, 21:54 WIB
EditorAsep Candra
TANYA :

Dok, hampir dua tahun terakhir ini saya sering mengalami gangguan tidur. Kadang hampir 24 jam tidak bisa tidur. Saya juga sudah mencoba minum obat tidur, tetapi tidak berfungsi dok. Padahal tidak ada yang sedang saya pikirkan. Apakah ada solusinya gak dok? Kira kira apa yang saya alami? Apakah ini berbahaya buat saya?

(Maeyang, 23, Banjarmasin)

JAWAB :

Dear Maeyang,

Obat tidur bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi sulit tidur. Kita justru harus mencari apa yang menyebabkan Anda sulit tidur.

Kesulitan tidur bisa disebabkan banyak hal seperti penyakit-penyakit tertentu seperti asthma, back pain, nyeri yang berkepanjangan, obat-obatan tertentu seperti anti alergi, obat tidur tertentu, stressor yang berlebih dll.

Kalau sulit tidur dibiarkan maka akan menyebabkan tubuh kita kekurangan Oksigen berkepanjangan sehingga mengganggu kualitas hidup kita, menyebabkan performance kerja kitapun menjadi tidak baik. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi di Sleep Clinic untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebabnya.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 - 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X