Kompas.com - 15/05/2013, 14:11 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Metformin, obat yang secara luas digunakan untuk mengobati diabetes, diketahui dapat membantu melawan kanker. Namun sebuah studi baru menemukan metformin tidak memberi efek dalam melawan kanker pada penderita diabetes yang berusia lanjut.

Penulis studi Dr. Iliana Lega mencatat, studi sebelumnya menemukan bahwa metformin berhubungan dengan 30 persen penurunan pembentukan sel kanker baru pada pasien tanpa diabetes. Studi ini juga mengaitkan penggunaan obat metformin dalam memperlambat pertumbuhan tumor.

"Metformin merupakan obat yang umum digunakan pada pasien diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darah mereka. Meskipun ada studi yang mengatakan metformin memiliki efek melawan sel kanker, namun studi kami menemukan obat ini tidak berefek demikian bagi pasien diabetes," jelas peneliti asal Women's College Hospital di Toronto ini.

Studi ini melibatkan lebih dari 2.300 wanita yang berusia 66 tahun atau lebih tua. Para peserta semuanya memiliki diabetes dan rutin mengonsumsi metformin. Mereka didiagnosa kanker payudara pada tahun antara 1997 dan 2008. Mereka diikuti sejak awal didiagnosa sampai meninggal atau hingga awal tahun 2010.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Diabetes Care ini mengatakan, tidak ada hubungan signifikan penurunan kematian akibat kanker payudara pada mereka yang mengonsumsi metformin.

Lega dan timnya mengatakan, penelitian selanjutnya akan memfokuskan pada pasien kanker payudara dan diabetes yang berusia lebih muda.

"Lebih mengerti efek metformin terhadap kanker payudara penting dalam menentukan pengobatan yang tepat pada pasien dengan dan tanpa diabetes," pungkas Lega.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.