Edukasi Gizi Meriahkan Hari Susu Nusantara

Kompas.com - 02/06/2013, 12:41 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Guna memeriahkan peringatan Hari Susu Nusantara yang jatuh pada 1 Juni, Sarihusada bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, One Earth Integral Foundation, Forum Dokter, Pengajar dan Psikolog melaksanakan kegiatan edukasi Ayo Melek Gizi di Taman Pintar, Yogyakarta dalam acara bertajuk 'Susu Sumber Pangan Bergizi'.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat minum susu.
 
Direktur Industrial Sarihusada Rachmat Suhappy mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri penghasil produk nutrisi ibu dan anak yang telah beroperasi selama lebih dari 58 tahun, Sarihusada akan terus melakukan upaya edukasi gizi ke masyarakat melalui aneka kegiatan sosial.
 
"Untuk dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, terlebih dahulu kita perlu meningkatkan kesadaran masyarakat akan gizi seimbang," ujar Rachmat di Yogyakarta, Sabtu, (1/6/2013) kemarin.

Menurut Racmat, edukasi gizi sangat penting dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan dalam memilih produk makanan berigizi seperti susu untuk mendukung tumbuh kembang anak.
 
Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta MK Pontjosiwi berharap kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu mengenai pentingnya gizi untuk mendukung kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen Sarihusada dalam kegiatan edukasi gizi kepada masyarakat. Upaya ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan gizi agar masyarakat benar-benar mengerti mengenai kebutuhan gizi yang seimbang," ujarnya.

Di samping melakukan edukasi gizi, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan anak-anak SGM Prestasi Center Yogyakarta melalui pertunjukan tarian tradisional dan drama musikal. Selain itu juga terdapat lomba menghias makanan bergizi yang berbahan dasar pangan lokal serta kampanye minum susu bersama anak-anak PAUD Yogyakarta dan pengunjung Taman Pintar.
 
Rachmat menjelaskan, untuk mendukung pengadaan susu yang berkualitas dan memenuhi standar mutu di Indonesia, Sarihusada juga telah membangun 'Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu' yang merupakan fasilitas perkandangan modern serta edukasi pengelolaan peternakan dan pertanian yang terpadu di Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta.

"Kami juga terus melanjutkan program Peningkatan Mutu Susu, yakni program yang ditujukan bagi peternak-peternak sapi perah di lereng merapi berupa kegiatan-kegiatan pembinaan kepada peternak dan pengurus koperasi susu," ujar Racmat.
 
Selain melaksanakan kegiatan di Taman Pintar, dalam kesempatan yang sama Sarihusada juga ikut memeriahkan Hari Susu Nusantara dengan melakukan kampanye minum susu bersama siswa sekolah dasar di Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan dan Desa Purwobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Demo pasteurisasi susu juga dilakukan di tengah masyarakat yang mayoritas dihadiri ibu-ibu. Demo ini ditujukan agar keluarga-keluarga di  kawasan lereng merapi yang merupakan peternak sapi perah semakin terbiasa mengonsumsi susu.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X