Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2013, 08:04 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Setelah berolahraga, apalagi setelah vakum sekian lama, seringkali kita merasakan pegal dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Kondisi tersebut sebenarnya normal. Hal ini terjadi karena jaringan otot yang teregang melebihi biasanya.

Namun rasa pegal seringkali dirasa tidak nyaman sehingga kita pun melakukan usaha untuk segera melenyapkannya, seperti pijat atau olahraga ringan. Baru-baru ini, sebuah studi  menemukan cara efektif untuk membantu mengurangi pegal tersebut yakni dengan meminum jus semangka.

Studi yang dipublikasi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tersebut melibatkan tujuh peserta pria. Mereka diminta bersepeda rutin dalam tiga hari yang berbeda.

Dalam dua hari, peserta diminta untuk meminum jus semangka satu jam sebelum berolahraga. Sedangkan di hari ketiga, mereka hanya diberi minuman plasebo yang berwarna pink seperti jus semangka.

Dua puluh empat jam setelah berolahraga di hari ketiga, banyak peserta melaporkan mengalami pegal. Padahal di kedua hari sebelumnya, saat mereka minum jus semangka, mereka mengaku tidak terlalu pegal setelah olahraga.

Penulis studi Encarna Aguayo, profesor teknologi makanan di Technical University of Cartagena, mengatakan, jus semangka dapat mengurangi pegal karena mengandung asam amino yang disebut L-sitrulin.

"Senyawa tersebut meningkatkan aliran darah, sehingga meminumnya sebelum berolahraga dapat membantu otot mendapatkan lebih banyak oksigen," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com