Sayur dan Buah Cegah Kanker Kandung Kemih pada Wanita

Kompas.com - 27/08/2013, 12:01 WIB
SHUTTERSTOCK
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manfaat sayur dan buah untuk mencegah penyakit kanker semakin luas terus diungkap para ilmuwan. Sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Nutrition menemukan, konsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak mampu menurunkan risiko terjadinya kanker kandung kemih, terutama pada wanita.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengumpulkan data dari 185.885 orang dewasa selama hampir 13 tahun. Sebanyak 581 orang dari kelompok tersebut didiagnosa mengembangkan kanker kandung kemih invasif.

Secara keseluruhan, wanita yang konsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak memiliki risiko terendah menderita kanker kandung kemih.

Wanita yang mengkonsumsi sayur-sayuran berwarna kuning-oranye memiliki risiko 52 persen lebih rendah didiagnosa kanker kandung kemih dibandingkan dengan wanita yang hanya sedikit mengkonsumsinya. Tak hanya itu, wanita yang mengasup kadar vitamin A, C, dan E tertinggi juga memiliki risiko terendah menderita penyakit tersebut.

Sayangnya, hubungan konsumsi sayur dan buah dan kanker kandung kemih tersebut hanya terjadi pada wanita. Para peneliti tidak menemukan hubungan yang sama pada pria.

"Studi ini mendukung rekomendasi konsumsi sayur dan buah untuk pencegahan kanker," ujar peneliti Song-Yi Park dari University of Hawaii Cancer Center.

Kendati demikian, imbuhnya, diperlukan penelitian lanjutan untuk lebih memahami bagaimana risiko kanker bisa menurun dengan konsumsi sayur dan buah hanya terjadi pada wanita.


Sumber FOXNews
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X