Kompas.com - 13/10/2013, 21:03 WIB
Ilustrasi FoxnewsIlustrasi
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com - Udara yang bersih, segar dan bebas polutan di lingkungan tempat tinggal sangat penting artinya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, para ahli menyarankan untuk memanfaatkan tanaman dan pepohonan.

Sedikitnya ada 10 jenis tanaman yang direkomendasikan untuk membersihkan udara di lingkungan sekitar rumah. Penggunaan tanaman ini memungkinkan udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dan sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Tanaman yang biasa ditempatkan di dalam ruangan (indoor) ini cukup mudah ditemukan.  Mereka memiliki beberapa komponen seperti daun, akar, dan bakteri yang ada di dalam tanah tempat tumbuh untuk membersihkan udara dalam ruangan yang mengandung racun.

Racun yang dapat dibersihkan termasuk benzena dan formadehyda. Benzena ditemukan dalam asap rokok, sedangkan formaldehyda adalazat yang dapay menyebabkan  iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Berikut ini 10 tanaman yang direkomendasikan ditanam di lingkungan rumah

1. Bunga Peace Lily (Lili Damai)
2. Dracaena
3. Janet Craig Dracaena
4. Bamboo palm (Rumpun bambu)
5. English Ivy
6. Aglaonema (Chinese Evergreen)
7. Bunga Daisy (Gerbera Daisy)
8. Corn Plant (Dracaena Fragans)
9. Lidah Mertua (Mother-in-Law's Tongues)
10. Bunga Krisan (Pot Mum)

Penggunaan tanaman ini akan lebih ekonomis daripada membeli alat pemurni udara dan filter yang berfungsi menyaring alergen. Apalagi saat ini kadar polusi udara di dalam rumah bisa lebih buruk dibanding di luar. Kondisi ini dikarenakan penggunaan zat kimia pembersih, sistem pemanas dan pendingin, serta sumber lain di dalam rumah.

Peneliti merekomendasikan untuk menempatkan antara 10-15  tanaman di lingkungan rumah.  Setiap satu tanaman dapat membersihkan satu ruangan dengan luas sekitar 9 meter persegi.


Sumber FOXNews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X