Kompas.com - 20/10/2013, 12:14 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com-Kanker payudara sesungguhnya bisa dicegah. Dengan mengetahui adanya benjolan pada payudara sejak dini, maka pengobatan dapat dilakukan secepatnya.

Adanya benjolan bisa diketahui lewat pemeriksaan payudara sendiri yang disebut SADARI. Pemeriksaan yang hanya membutuhkan beberapa detik ini relatif mudah dilakukan, sehingga tiap wanita dipastikan bisa melakukannya.

“SADARI sedikitnya dilakukan satu bulan sekali saat tidak sedang datang bulan. Wanita berusia diatas 20 tahun sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan ini karena berisiko lebih besar terkena kanker,” kata onkolog Dr. Martha Roida Manurung dari RS. Dharmais, Jakarta.

Pemeriksaan SADARI lebih baik dilakukan saat sudah selesai datang bulan. Hal ini dikarenakan kondisi payudara saat menstruasi lebih keras, dibanding saat sedang tidak datang bulan. Akibatnya wanita tidak bisa membedakan keras payudara karena pertumbuhan sel kanker atau pengaruh hormon.

Pemeriksaan SADARI usai datang bulan juga memudahkan wanita membedakan benjolan karena tumor atau merupakan kelenjar susu. Benjolan karena tumor, kata Martha, memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi. Benjolan ini juga tidak tersebar di seluruh payudara. Kondisi ini jelas berbeda dengan kelenjar susu yang memiliki tingkat kekerasan lebih rendah, dan tersebar merata di seluruh organ payudara.

“Sebaiknya lakukan dengan jarak 10-20 hari sejak hari pertama menstruasi. Walau jelas berbeda, bukan hal mudah membedakan benjolan pada payudara wanita. Karena itu periksalah sesegera mungkin saat sudah selesai menstruasi,” kata Martha.

Ia juga menyarankan wanita meminta bantuan tenaga layanan kesehatan primer bila tidak merasa yakin.

Selain sangat mudah, SADARI memiliki sensitifitas hingga 90 persen. Hal ini dikarenakan wanita memeriksa tubuhnya sendiri, sehingga tidak perlu merasa malu. Kondisi ini memudahkan wanita merasakan bila ada yang tidak beres dengan payudaranya.

Benjolan yang ada selanjutnya bisa segera dikonsultasikan ke dokter. “Sebanyak 9 dari 10 benjolan yang ada biasanya bukan kanker. Karena itu periksakan segera supaya selekasnya mengetahui kondis benjolan dan memperoleh terapi,” jelas Martha.

Langkah SADARI

Berikut langkah pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.