Kompas.com - 27/12/2013, 10:59 WIB
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Besi merupakan nutrisi kunci untuk energi selama berolahraga. Studi terbaru dari American College of Sports Medicine menemukan, banyak wanita aktif menderita kekurangan besi, yang berisiko menyebabkan sakit atau luka pada otot dan lelah usai olahraga.

Otot yang lelah tentu tidak bisa dipaksa beraktivitas lebih jauh. United State Departement of Agriculture (USDA) merekomendasikan wanita mengonsumsi 18 miligram besi per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut wanita membutuhkan makanan kaya besi. Berikut beberapa jenis asupan yang bisa dikonsumsi wanita untuk mencukupi kebutuhan besinya,

1. Kacang.
Satu cangkir kacang mengandung sekitar 6,59 miligram besi. Selain besi, kacang juga kaya serat dan vitamin A. Kacang bisa digunakan sebagai camilan atau makanan pembuka.

2. Bayam.
Satu cangkir atau setara 100 gram bayam mengandung 6,43 miligram besi. Bayam kaya vitamin A, kalsium, dan potasium untuk memperkuat otot.

3. Nasi putih.
Satu cangkir atau setara 100 gram nasi putih mengandung 7,97 miligram besi. Kandungan besi semakin banyak bila nasi putih dikonsumsi bersama asupan lain, misalnya bayam.

4. Daging sapi.
Tiga ons daging sapi atau setara 85 gram mengandung 5,24 miligram besi. Selain besi, daging sapi juga kaya protein yang membantu pemulihan tubuh setelah olahraga.

5. Kacang merah.
Satu cangkir atau setara 100 gram kacang merah mengandung 5,2 miligram besi. Kacang merah juga asupan yang kaya serat, vitamin C, dan protein.

6. Tiram.
Tiga ons tiram atau setara 85 gram mengandung 5,91 miligram besi. Tiram juga kaya kalsium yang baik untuk kesehatan.

7. Tomat.
Satu cangkir atau setara 100 gram tomat mengandung 3,39 miligram besi. Konsumsi tomat juga mencegah penuaan kulit dengan kandungan antioksidannya.

8. Kacang chickpea.
Satu cangkir atau setara 100 gram chickpea mengandung 4,74 miligram besi. Kacang ini juga kaya serat, yang membantu menekan tensi darah dan kolesterol.

9. Kentang.
Satu kentang kecil mengandung kurang lebih 2,7 miligram besi. Sebaiknya asupan ini dikonsumsi dengan cara kukus atau bakar, supaya tidak perlu tambahan minyak yang berarti memasukkan ekstra lemak ke dalam tubuh.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.