Jarang Olahraga? Ini Langkah Efektif Mulai Latihan Fisik

Kompas.com - 20/01/2014, 12:19 WIB
Rutin berolahraga di usia muda, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup di masa tua. ShutterstockRutin berolahraga di usia muda, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup di masa tua.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Jika Anda kurang aktif bergerak dalam menjalani aktivitas harian, sudah waktunya mulai latihan fisik. Namun, agar terhindar dari cedera, sebaiknya mulai latihan fisik secara bertahap dengan mengenali kondisi tubuh Anda.

Spesialis olahraga dari Indonesia Sport Medicine Centre, Andi Kurniawan, menyebutkan sejumlah langkah melakukan latihan fisik yang efektif untuk orang yang jarang bergerak atau olahraga.

Berikut langkahnya:
1. Temukan gol/tujuan, kenapa mau melakukan latihan fisik? Temukan alasan atau manfaat dari latihan fisik apa yang akan di capai? Misalnya, "Saya ingin melakukan aktifitas fisik agar lebih bugar tidak mudah lelah dan tidak mudah sakit."
2. Mulailah olahraga atau aktivitas fisik dengan yang ringan, mulai perlahan, cukup dengan 10 menit dengan intensitas yang rendah, jangan melakukan olahraga karena ikutan tren.
3. Pilihlah jenis aktivitas fisik atau olahraga yang membuat Anda senang melakukannya.
4. Buatlah perencanaan dan ditulis dalam agenda seperti halnya rapat penting di kantor. Jadwalkan juga olahraga atau aktivitas fisik karena bila tidak terjadwal, niat bergerak aktif tidak akan terjadi. Jadikan aktivitas fisik merupakan kegiatan rutin yang dijalankan setiap hari.
5.Menentukan reward yang akan diberikan kepada diri sendiri apabila berhasil menjalan latihan fisik secara teratur dalam jangka waktu tertentu.
6 Ajaklah teman dan sampaikan kepada teman anda komitmen untuk hidup sehat dan hidup aktif.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X