Kompas.com - 05/03/2014, 10:27 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com –
Perawatan rambut tidak selamanya memerlukan produk mahal. Produk yang mudah ditemukan sehari-hari seperti kondisioner ternyata efektif dan berdampak lebih baik pada kesehatan rambut terutama untuk menyingkirkan kutu rambut.
 
Riset terbaru menemukan, kondisioner dapat membantu menyingkirkan telur kutu yang melekat pada rambut. Kondisoner yang murah sama efektifnya dengan yang mahal. Kondisioner memudahkan menyingkirkan telur kutu, terutama kutu betina yang meletakkan telur langsung pada helai rambut dengan substansi seperti lem. Akibatnya, telur kutu tetap melekat, meski sudah menggunakan obat pembunuh kutu (pediculicides).
 
Dengan riset yang sudah dipublikasikan Journal of Medical Entomology, para penderita kutu rambut disarankan membeli kondisioner untuk menyingkirkan telur kutu. Berita ini muncul setelah para ahli mengklaim, kebiasaan memotrer diri sendiri (selfie) menyebabkan epidemi kutu di kalangan remaja. Hal ini diungkapkan ahli pengobatan kutu, Marcy McQuillan, yang mengaku dua tempat praktiknya kebanjiran pasien yang umumnya adalah remaja.      
 
McQuillan mengetahuinya dari kebiasaan remaja yang menempelkan kepalanya saat selfie. Dalam riset ini, ilmuwan mengumpulkan 605 helai rambut dengan telur kutu dari 6 anak. Dari rambut tersebut, 14 persen telur kutu telah mati dan kosong.  
 
Peneliti mencoba beberapa perlakuan untuk menyingkirkan telur tersebut. Telur yang dibiarkan menempel pada rambut dan tidak diobati adalah yang paling sulit disingkirkan. Telur kutu lebih mudah disingkirkan pada rambut yang direndam dalam air deionisasi. Hal ini sama dengan rambut yang diberi kondisioner dan produk lain yang spesifik untuk menyingkirkan kutu.
 
Ketiga perlakuan tersebut memberikan efektivitas yang sama. “Tidak ada banyak perbedaan antara kondisioner dan produk pembasmi kutu komersial,” kata peneliti.
 
Menurut peneliti, air deionisasi menghilangkan fungsi lem (lubrikan) sehingga efektif menyingkirkan telur kutu. Hal yang sama terjadi pada kondisioner.      
 
Perlakuan dengan kondisioner mengurangi pergeseran rambut yang tidak dan terkena kutu. Hasilnya, kondisioner bisa efektif menyingkirkan kutu, sama dengan produk komersial dan air deionisasi.
 
“Menyingkirkan telur adalah bagian terpenting dan tersulit dalam merawat rambut berkutu, karena lem yang digunakan. Padahal telur dan kutu harus disingkirkan bersama supaya rambut kembali sehat. Kutu harus disingkirkan kurang dari 7 hari, supaya tak kembali bertelur,” kata McQuillan.
 
Kutu menular melalui kontak kepala karena hewan ini tidak lompat atau terbang. McQuillan menambahkan, setiap kali merawat pasien remaja dia selalu menanyakan apakah pernah melakukan selfie yang ternyata diakui semua pasien.   
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.