Kompas.com - 05/04/2014, 13:56 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi orang yang mengalami berat badan berlebih alias obesitas beresiko tinggi menderita sejumlah penyakit, salah satunya hipertensi dan serangan jantung. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan rajin mengonsumsi buah semangka.

Buah semangka ternyata mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang kegemukan sehingga risiko terkena serangan jantung juga berkurang.

Di negara empat musim, jumlah orang yang meninggal akibat serangan jantung pada musim dingin cukup tinggi. Hal tersebut karena stres yang dirasakan tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Akibatnya tekanan darah naik. Jantung pun bekerja lebih keras, yang berarti risiko terkena serangan jantung dan stroke meningkat.

Dalam studi yang dimuat dalam American Journal of Hypertension, para peneliti menyebutkan makan semangka sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung di musim dingin.

"Tekanan pada aorta dan jantung berkurang setelah pasien mengonsumsi ekstrak semangka," kata Arturo Figueroa dari Florida State University.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 13 pria dan wanita obesitas ini mereka diberikan ekstrak semangka setiap hari selama 6 minggu. Ekstrak semangka mengandung 4 gram asam amino L-citrulline dan 2 gram L-arginine.

Ketika dibandingkan dengan orang yang mendapatkan pil plasebo, ternyata mereka yang mendapat ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah dan juga stres pada jantung berkurang, bahkan pada kondisi dingin.

"Itu berarti kerja jantung tidak terlalu keras sehingga jantung akan bekerja lebih mudah pada situasi penuh tekanan seperti saat musim dingin," kata Figueroa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.