Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2014, 13:56 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi orang yang mengalami berat badan berlebih alias obesitas beresiko tinggi menderita sejumlah penyakit, salah satunya hipertensi dan serangan jantung. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan rajin mengonsumsi buah semangka.

Buah semangka ternyata mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang kegemukan sehingga risiko terkena serangan jantung juga berkurang.

Di negara empat musim, jumlah orang yang meninggal akibat serangan jantung pada musim dingin cukup tinggi. Hal tersebut karena stres yang dirasakan tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Akibatnya tekanan darah naik. Jantung pun bekerja lebih keras, yang berarti risiko terkena serangan jantung dan stroke meningkat.

Dalam studi yang dimuat dalam American Journal of Hypertension, para peneliti menyebutkan makan semangka sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung di musim dingin.

"Tekanan pada aorta dan jantung berkurang setelah pasien mengonsumsi ekstrak semangka," kata Arturo Figueroa dari Florida State University.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 13 pria dan wanita obesitas ini mereka diberikan ekstrak semangka setiap hari selama 6 minggu. Ekstrak semangka mengandung 4 gram asam amino L-citrulline dan 2 gram L-arginine.

Ketika dibandingkan dengan orang yang mendapatkan pil plasebo, ternyata mereka yang mendapat ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah dan juga stres pada jantung berkurang, bahkan pada kondisi dingin.

"Itu berarti kerja jantung tidak terlalu keras sehingga jantung akan bekerja lebih mudah pada situasi penuh tekanan seperti saat musim dingin," kata Figueroa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com