Kompas.com - 15/04/2014, 09:19 WIB
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Nyeri saat buang air kecil merupakan salah satu gejala kanker prostat stadium lanjut, sedangkan pada stadium awal bisa tidak bergejala. Oleh sebab itu, deteksi dini perlu dilakukan sehingga memudahkan dalam hal penanganan medisnya. Dengan penanganan pada stadium awal, harapan hidup penderita kanker prostat bisa mencapai 70%.

Saat ini kanker prostat menjadi penyebab kematian terbanyak ketiga pada pria di Asia, dan nomer satu pada pria di atas usia 74 tahun. Data dari rumah sakit besar di Jakarta menunjukkan kenaikan jumlah penderita hampir 3x lipat dalam 10 tahun terakhir.

Hingga saat ini penyebab kanker prostat belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang menjadi faktor bagi pria terkena kanker prostat, yaitu:

- Usia lanjut

Seseorang kemungkinan memiliki kanker prostat meningkat dengan cepat setelah usia 50 tahun. Karena, hampir 2 dari 3 kejadian kanker prostat ditemukan pada pria berusia di atas 65 tahun.

- Riwayat keluarga

Menurut American Cancer Society, risiko kanker prostat meningkat menjadi 2x lipat apabila memiliki ayah atau saudara kandung yang terkena kanker prostat. Bahkan, risiko dapat meningkat lebih besar lagi apabila ada lebih dari satu anggota keluarga yang terkena kanker prostat.

- Diet tinggi lemak

Sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa kanker prostat lebih banyak ditemui di negara dengan konsumsi daging dan produk susu yang tinggi dibandingkan dengan negara yang banyak mengkonsumsi nasi dan sayuran.

Sedangkan, faktor risiko lainnya, antara lain : genetik, obesitas, merokok, peradangan prostat dan infeksi yang ditularkan secara seksual.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Dada
Nyeri Dada
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.