Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2014, 14:04 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber HEALTHDAY


KOMPAS.com —
Banyak orang yang berpikir menatap layar komputer atau televisi terlalu lama akan merusak mata mereka. Namun sebenarnya hal itu sama sekali tidak merusak mata, tetapi hanya membuat mata lelah. Rusaknya penglihatan justru bisa diakibatkan oleh hal-hal lainnya yang mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya.

Badan pengawas makanan dan obat Amerika Serikat (FDA) menyatakan, hal-hal yang dapat merusak mata antara lain merokok, menggunakan lensa kontak dekoratif, dan terkena paparan sinar pointer laser.

Menurut FDA, Banyak orang menggunakan lensa kontak dekoratif tanpa peresepan. Padahal bisnis lensa kontak yang dijual tanpa peresepan sebenarnya melanggar hukum sehingga penggunaannya pun menjadi ilegal.

"Anda perlu pergi ke dokter untuk dinilai kesehatan matanya dan dinyatakan cocok untuk menggunakan lensa kontak, karena kurangnya kesehatan mata akan menyebabkan kerusakan mata," saran FDA.

Selain itu, Anda juga perlu waspada dengan pointer laser karena bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Dan Hewett, petugas perawatan kesehatan di Center for Devices and Radiological Health FDA mengatakan, sinar laser yang mengarah secara langsung ke mata akan menyebabkan cedera yang instan.

Merokok juga merupakan ancaman bagi kesehatan penglihatan. Merokok merupakan faktor risiko utama dari penyakit yang disebut degenerasi makula yang merusak penglihatan tajam dan terpusat. Faktor risiko lainnya dari degenerasi makula adalah faktor genetik, diet, paparan sinar matahari, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Penggunaan tetes mata untuk mengurangi mata merah beberapa kali setiap hari juga dapat meningkatkan risiko rusaknya penglihatan. Maka menurut FDA, penggunaannya perlu dibatasi sehari atau dua hari sekali.

FDA mengatakan, untuk menjaga penglihatan yang baik, beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu makan banyak sayuran berwarna gelap seperti kacang merah atau brokoli. Selain itu, konsumsi wortel juga mampu menjaga kesehatan mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com