Kompas.com - 31/05/2014, 11:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tinggi rendahnya pendidikan bukan hanya berpengaruh pada cara berpikir, tapi juga memengaruhi isi mimpi.

Orang yang memiliki pendidikan tinggi ternyata lebih sering bermimpi tentang pekerjaan dan rekan kerja. Demikian hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1.150 orang dewasa di AS. Survei ini juga mengungkap perbedaan mimpi pria dan wanita.

Hasil survei menunjukkan, 49 persen orang yang memiliki gelar pascasarjana ternyata lebih sering bermimpi tentang rekan kerja mereka, sementara pada populasi umum hanya 33 persen. Orang yang punya ijazah S2 ini juga lebih sering bermpimpi mendapat kenaikan jabatan.

"Kita bermimpi tentang apa yang menjadi perhatian kita. Ketika kita melihat level pendidikan, apa yang menjadi kekhawatiran dan sumber perhatian kita juga memengaruhi mimpi. Sehingga masuk akal jika orang yang pendidikannya tingi lebih sering mimpi tentang pekerjaan," kata Dr.Angel Morgan, yang melakukan studi ini.

Selain soal kenaikan jabatan, hal lain terkait pekerjaan yang sering masuk dalam alam mimpi adalah tengat waktu pekerjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.