Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Berpendidikan Lebih Sering Bermimpi tentang Kerja

Kompas.com - 31/05/2014, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Tinggi rendahnya pendidikan bukan hanya berpengaruh pada cara berpikir, tapi juga memengaruhi isi mimpi.

Orang yang memiliki pendidikan tinggi ternyata lebih sering bermimpi tentang pekerjaan dan rekan kerja. Demikian hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1.150 orang dewasa di AS. Survei ini juga mengungkap perbedaan mimpi pria dan wanita.

Hasil survei menunjukkan, 49 persen orang yang memiliki gelar pascasarjana ternyata lebih sering bermimpi tentang rekan kerja mereka, sementara pada populasi umum hanya 33 persen. Orang yang punya ijazah S2 ini juga lebih sering bermpimpi mendapat kenaikan jabatan.

"Kita bermimpi tentang apa yang menjadi perhatian kita. Ketika kita melihat level pendidikan, apa yang menjadi kekhawatiran dan sumber perhatian kita juga memengaruhi mimpi. Sehingga masuk akal jika orang yang pendidikannya tingi lebih sering mimpi tentang pekerjaan," kata Dr.Angel Morgan, yang melakukan studi ini.

Selain soal kenaikan jabatan, hal lain terkait pekerjaan yang sering masuk dalam alam mimpi adalah tengat waktu pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com