Kompas.com - 11/07/2014, 15:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi mereka yang tidak sempat berolahraga, naik turun tangga ketimbang menggunakan lift sering dipilih sebagai cara menjaga kebugaran. Sayangnya, kebiasaan tersebut ternyata berdampak buruk bagi lutut.

Salah satu efek buruk kebiasaan naik turun tangga adalah pengapuran dini pada lutut. "Naik turun tangga memang bagus untuk jantung, tapi tidak untuk lutut," kata dr.L.Andre Pontoh, Sp.(K), spesialis bedah orthopedi dari RS.Pondok Indah Jakarta.

Pengapuran atau osteoartritis sebenarnya adalah penyakit yang sering diderita orang berusia lanjut. Kondisi ini terjadi akibat perubahan pada tulang rawan yang biasanya licin dan berpelumas, yang fungsinya sebagai bantalan pada ujung-ujung tulang persendian.

Menurut situs Mayo Clinic, tulang rawan yang kehilangan elastisitasnya membuat persendian lebih rentan terahdap kerusakan akibat cedera atau penggunaan berlebihan.

Banyak orang yang mengalami osteoartritis tetapi tidak menyadarinya, sampai terlihat oleh dokter saat pemeriksaan dengan foto rontgen. Jika ditemukan pengapuran, perawatan akan difokuskan pada mengurangi ketidaknyamanan dan memperbaiki mobilitas persendian melalui latihan atau obat-obatan.

Selain pengapuran, orang yang sering naik turun tangga juga perlu waspada jika mengalami nyeri pada lutut karena bisa jadi itu adalah gejala cedera pada lutut. Gejala lainnya adalah nyeri pada bagian depan lutut, serta lutut kaku atau tidak bisa dilipat.

Segera konsultasikan pada dokter spesialis orthopedi untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.