Kompas.com - 07/08/2014, 19:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mendapat tidur yang berkualitas setiap hari penting untuk kesehatan, terutama keseimbangan fisik dan psikis, khususnya karena kita menghabiskan hampir sepertiga waktu kehidupan untuk tidur. Walau para ahli telah merekomendasikan pentingnya tidur minimal 7 jam setiap malam, tapi keluhan sulit tidur kini memang semakin banyak dialami.

Kesulitan tidur terjadi karena banyak faktor, dari mulai pola makan, minum, bahkan posisi tidur yang salah. Dr Hooman Melamed, ahli bedah ortopedi di DISC Sports & Spine Center di Los Angeles, California mengatakan, 80 persen populasi mungkin akan mengalami nyeri punggung beberapa kali dalam hidupnya yang disebabkan posisi tidur yang salah.

"Posisi tidur dapat menyebabkan nyeri pada punggung dan leher, gangguan perut, bahkan penuaan dini," ujarnya.

Karena itu, ketahuilah posisi tidur yang tepat untuk tidur Anda dan posisi apa saja yang perlu dihindari.

1. Telentang
Tidur dengan posisi ini membuat kepala, leher, dan tulang punggung dalam posisi yang netral. Tidak ada tekanan tambahan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Menurut Melamed, inilah posisi yang terbaik untuk membuat tulang punggung dalam posisi yang alami sepanjang malam.

2. Bintang laut
Posisi bintang laut mirip dengan posisi telentang namun dengan tangan yang diangkat ke atas. Posisi ini juga baik untuk tulang punggung, serta mencegah keriput pada wajah. Menurut pakar saraf dari Norwood Clinic di Birmingham, tidur dalam posisi ini juga dapat melawan refluks atau naiknya asam lambung ke tenggorokan.

3. Menyamping
Tidur menyamping baik untuk penderita gangguan henti napas saat tidur atau sleep apnea. Pasalnya kondisi mendengkur yang umumnya menjadi gejala utama dari kondisi ini bisa berkurang. Namun dengan tidur menyamping, penuaan kulit lebih cepat terjadi pada bagian yang lebih sering menempel pada bantal.

Tidur menyamping juga dapat mempengaruhi kesehatan. Tidur menyamping ke arah kanan akan memperburuk heartburn atau rasa terbakar di dada karena terjadinya refluks. Sementara tidur menyamping ke arah kiri akan menekan organ seperti hati, paru-paru, dan lambung, namun akan mengurangi refluks.

4. Tengkurap
Tidur tengkurap tidak pernah disarankan karena tidak memberikan posisi yang alami bagi tulang punggung sehingga lebih mudah menyebabkan nyeri punggung. Tekanan pada sendi dan otot dapat memicu nyeri, hilang rasa, dan kesemutan.

5. Menyamping dengan kaki yang diangkat ke dada
Posisi ini akan membuat nyaman sementara waktu, namun lama-lama akan membuat nyeri punggung, keriput, dan dada kendur. Ini karena posisi ini akan memberikan tekanan pada punggung dan sendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.