Kompas.com - 12/08/2014, 13:32 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Sakit kepala termasuk salah satu keluhan yang kerap dialami sehari-hari. Cara mengatasi keluhan ini cukup sederhana. Ada sembilan teknik yang bisa dicoba untuk mengusir sakit kepala.

1. Istirahat di ruang gelap dan tenang
Stres adalah salah satu penyebab sakit kepala. Melemaskan otot yang tegang bisa membantu meringankan sakit kepala karena tegang, jenis sakit kepala paling umum. Mereka yang menderita sakit kepala jenis ini mungkin merasa sangat sensitif terhadap suara dan cahaya. Istirahatlah di ruangan gelap. Pejamkan mata dan rilekkan punggung, leher dan bahu.

2. Akupuntur
Tusuk jarum membantu melepaskan pereda alami tubuh bernama endorfin untuk melegakan nyeri di leher, bahu dan kepala. Beberapa studi membuktikan sebagai terapi pencegahan, akupuntur bisa mengurangi serangan sakit kepala karena ketegangan.

3. Kafein
Kafein bisa melegakan gejala sakit kepala dengan membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik dan cepat. Kafein biasanya ditambahkan produsen obat dalam pereda nyeri untuk membuat obat bekerja lebih cepat menghilangkan sakit kepala.

4. Rileks
Latihan pernapasan dalam bisa mengurangi stres dan nyeri sakit kepala. Ambil beberapa napas dalam. Buang napas perlahan dan rilekkan daerah yang terasa kencang dan kram sambil membayangkan pemandangan indah dan damai. Turunkan dagu ke dada lalu angkat perlahan dan lembut. Putar kepala perlahan setengah lingkaran dari kiri ke kanan lalu dari kanan ke kiri. Ambil napas dalam lagi dan buang napas perlahan.

5. Terapi panas atau dingin
Panas dan dingin bisa melegakan ketegangan dan nyeri otot yang menyertai sakit kepala. Mandi air hangat atau kompres handuk basah hangat atau botol air hangat bisa meredakan gejala ketegangan kepala. Bila lebih suka kompres dingin, bungkuslah es batu di dalam handuk dan kompres di bagian tubuh yang terasa sakit.

6. Pijat
Pijat bagus meredakan ketegangan di kepala, bahu, leher. Pemijatan bisa dilakukan oleh seorang terapis yang ahli.

7. Olah raga
Peregangan di leher bisa meredakan ketengan di leher yang disebabkan menahan kepala di satu posisi terlalu lama. Letakkan telapak tangan di dahi. Gunakan otot leher untuk menekan dahi melawan telapak tangan. Jaga agar kepala tetap tegak.

8. Minum obat
Obat pereda sakit kepala aspirin, acetaminophen, ibuprofen bisa dibeli di toko obat tanpa resep dokter. Namun bila minum obat ini selama tiga hari sakit kepala juga tidak sembuh, segeralah berobat ke dokter.

9. Berobat ke dokter
Segeralah berobat ke dokter jika sakit kepala semakin sering dan berlangsung lebih dari tiga hari. Berobatlah ke dokter bila sakit kepala terjadi tiba-tiba dan parah, terjadi setelah benturan di kepala. Penting bagi kita untuk segera mencari pertolongan medis jika sakit kepala disertai demam, leher kaku, penglihatan dobel, sulit bergerak, mual, muntah, napas terengah-engah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.