Kompas.com - 21/08/2014, 11:34 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com - Saat awal mulai melakukan diet, umumnya orang akan merasa bersemangat menjalaninya demi mencapai berat badan yang diinginkannya. Namun tak jarang juga diet gagal di tengah jalan, sehingga berat badan bukannya turun malah bertambah. Lantas, sebenarnya apa saja faktor yang menyebabkan gagalnya diet?

Menurut dokter pakar fisiologi dan pemerhati gaya hidup Grace Judio-Kahl, ada banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau gagalnya diet seseorang, baik faktor internal maupun eksternal. Berikut di antaranya.

1. Kontrol diri buruk
Kontrol diri yang dimaksud menyangkut impulsifitas ketika menghadapi makanan. Biasanya orang dengan kontrol diri buruk cenderung sering merasakan "lapar mata", mengasup makanan meski tidak lapar hanya karena tergoda dari penampakan makanan yang menggiurkan.

Grace mengatakan, untuk memperbaiki kontrol diri memang butuh proses alias tidak instan. Bila ingin diet bertahan lama dan berkesinambungan, maka perlu ada perbaikan kontrol diri.

2. Tipe kepribadian dominan
Meski membutuhkan bantuan dari pakar diet, orang dengan kepribadian dominan biasanya cenderung menolak saran dari pakar diet . "Saat diberitahu bilang iya, tetapi tidak dilanjutkan sendiri," ujarnya.

3. Pengaruh lingkungan
Selain faktor internal yang sudah disebutkan, ada juga faktor eksternal yang membuat pelaku diet lebih mungkin untuk gagal. Lingkungan yang tidak mendukung proses diet memang "berbahaya". Ajakan makan yang datang bertubi-tubi dari orang-orang terdekat tentu akan lebih sulit ditolak, bukan?

4. Pola makan salah
Diet sejatinya tidak perlu menyiksa, asal dilakukan dengan benar. Prinsip diet penurunan berat badan adalah mengurangi jumlah kalori yang dimakan sehingga menjadi lebih sedikit daripada yang dikeluarkan. Bila sudah berpegangan pada prinsip ini, sebenarnya pelaku diet tidak perlu menghindari makanan-makanan yang disukainya. Meskipun mereka juga tetap harus memperhatikan gizi yang mereka makan.

5. Bosan
Melakukan diet secara terus menerus tanpa hasil yang terlihat memang akan menjemukan. Karena itu, Grace menekankan program diet minimal harus dapat mengurangi 10 persen berat badan seseorang dalam tiga bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.