Kompas.com - 14/10/2014, 09:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Benjolan pada payudara perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda kanker. Benjolan dapat teraba saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari). Akan tetapi saat tidak teraba adanya benjolan, bukan berarti seseorang dapat dinyatakan bebas kanker payudara. Pasalnya, pemeriksaan dilakukan oleh orang yang kurang terampil, benjolan-benjolan kecil mungkin tidak akan terasa.

"Lagi pula manifestasi kanker payudara sudah dapat terlihat meskipun belum ada benjolan pada payudara," ujar dokter pakar kanker payudara, Alfiah Amiruddin, dalam sebuah talk show bertajuk "Support Pinktober - Show that you care", beberapa waktu lalu di Jakarta.

Saat pemeriksaan dilakukan dengan rabaan, manifestasi kanker payudara yang belum berupa benjolan tidak dapat terdeteksi. Berbeda halnya saat pemeriksaan dilakukan dengan teknik yang lebih lanjut, misalnya dengan mamografi. Dengan mamografi yang dilakukan secara rutin, pengapuran kecil pada payudara yang merupakan cikal bakal kanker payudara akan dapat terdeteksi.

Dengan kata lain, pemeriksaan dengan mamografi dapat mendeteksi kanker payudara dalam stadium yang lebih dini. "Padahal semakin dini sebuah kanker terdeteksi, semakin besar kemungkinannya untuk sembuh," tandas Alfi.

Selain menggunakan mamogram, deteksi dini kanker payudara juga dapat dilakukan dengan menggunakan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini lebih disarankan dilakukan oleh seseorang yang usianya di bawah 40 tahun karena struktur payudaranya masih padat. Bila Sadari dilakukan setiap bulan satu minggu setelah menstruasi, maka baik mamografi maupun USG dilakukan setiap satu tahun sekali atau dua tahun tahun sekali, tergantung dari besar kecilnya risiko seseorang terkena kanker payudara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.