Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2014, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Tak hanya kandungan yang harus rutin diperiksa oleh ibu hamil. Kesehatan gigi dan mulut pun harus dikontrol. Apalagi jika terjadi peradangan gusi saat kehamilan bisa lebih parah daripada yang tidak hamil karena adanya perubahan hormon.

"Untuk ibu hamil, membersihkan gigi itu nomor satu. Bersihkan karang gigi paling penting," ujar dokter spesialis periodonsia, Sandra Olivia di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Banyak hal yang perlu diperhatikan jika menderita sakit gigi saat hamil. Penanganan masalah gigi dan mulut pada ibu hamil tak boleh sembarangan. Pemberian obat dan penanganan medis harus diperhatikan dampaknya terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

Menurut Sandra, cabut gigi sebaiknya ditunda. Namun, jika terasa sakit, cepatlah ditangani dengan ke dokter gigi. Saat hamil ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari, antara lain rontgen gigi karena dapat mengganggu janin dan pembiusan.

Nyeri pada gigi diduga dapat memicu ibu hamil kontraksi sebelum waktunya sehingga melahirkan bayi prematur. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya mencegah sakit gigi maupun gusi. 

Meski kadang terasa mual, janganlah malas menyikat gigi minimal dua kali sehari. Jika tidak, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan gigi berlubang hingga sakit gigi. Jika sudah menderita masalah gigi, makan pun jadi terganggu seperti malas makan. Padahal ibu hamil perlu asupan gizi seimbang agar bayi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com