Kompas.com - 18/11/2014, 07:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com- Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa menjadi teman yang baik bagi manusia. Tak heran jika banyak orang yang menyayangi dan memperlakukan hewan peliharaannya seperti manusia. Terlebih dari itu, kehadiran hewan peliharaan bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut 9 manfaat seseorang memiliki hewan peliharaan.

1. Membantu meningkatkan harga diri seseorang
Seseorang yang memiliki hewan peliharaan akan memiliki rasa harga diri yang tinggi pula dibanding yang tidak memelihara hewan. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Personality and Social Psychology.

Pemilik hewan peliharaan juga dinilai lebih ekstrovert daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

2. Mengurangi risiko alergi
Sebuah studi menunjukkan, jika sejak kecil sudah mengenal hewan peliharaan, maka risiko alergi pada hewan pun akan berkurang. Mereka akan menjadi lebih kebal terhadap alergi hewan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang dewasa, mereka yang memiliki hewan peliharaan di rumah sejak masih bayi , sekitar 50 persen lebih kecil berisiko terkena alergi terhadap hewan.

3. Mengurangi pikiran negatif
Kehadiran hewan peliharaan juga dipercaya mampu membuat pemiliknya lebih berpikiran positif. Dalam sebuah penelitian terhadap  97 pemilik hewan peliharaan, mereka yang berpikir tentang hewan peliharaannyak akan tetap berpikir poaitif meskipun baru saja mengalami hal buruk dalam kehidupan sosialnya

4. Menghilangkan rasa kesepian
Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran hewan peliharaan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kesepian.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memelihara anjing, kebutuhan sosialnya dipenuhi sama seperti halnya memiliki banyak teman. Berdasarkan penelitian itu, keberadaan anjing bisa sangat bermakna dan dapat membuat pemiliknya merasa lebih dihargai.

5. Memberikan dukungan
Sebagai hewan, mereka memang tidak bisa memberikan dukungan seperti manusia. Namun, keberadaan hewan peliharaan kerap membuat pemiliknya merasa diberi dukungan oleh hewan tersebut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pemilik hewan merasa mendapat dukungan dari hewan peliharaan sama seperti yang mereka dapatkan dari anggota keluarganya

6. Membuat seseorang lebih aktif bergerak
Hewan seperti anjing dan kucing sering kali ingin bermanja dengan pemiliknya dan meminta perhatian. Hewan-hewan ini bisa sangat lincah dan aktif untuk mengajak Anda bermain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.