Kompas.com - 11/12/2014, 09:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gigi sebagai mahkota senyum hendaknya dipertahankan selama mungkin dalam kondisi sehat dan terawat di dalam mulut. Jika gigi tanggal, segeralah ganti dengan gigi palsu agar fungsi gigi sebagai bagian dari pencernaan tidak berubah. Selain itu, gigi palsu juga berperan besar dalam hal estetika.

Gigi tanggal sehingga terjadi ompong bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari infeksi, trauma atau kecelakaan, sampai karena kelainan jaringan gusi yang sudah lanjut.

Walau dokter gigi sekarang ini tidak pernah menganjurkan untuk mencabut gigi, namun jika sampai gigi harus dicabut karena kerusakan gigi yang parah, maka dokter spesialis gigi yang disebut prostodontis akan membuat gigi palsu.

Gigi palsu memang tidak pernah menggantikan fungsi dan rasa seperti gigi asli, namun ini masih lebih baik dibanding tanpa gigi sama sekali.

"Gigi palsu ini untuk menghindari masalah yang lebih kompleks seperti gangguan pengunyahan makanan, gangguan berbicara, gigi bergeser, pergerakan gusi, radang gusi, sampai masalah penampilan," kata drg.Jonan Angkawidjaja, Sp.Pros, dari Dental Specialist Clinic RSPI Pondok Indah Jakarta.

Hilangnya salah satu gigi yang tidak diganti juga bisa membuat susunan gigi miring atau bergeser. Selain itu, gigi ompong menurut Jonan akan menyebabkan tulang rahang lama kelamaan menciut sehingga bentuk wajah pun berubah.

"Begitu gigi dicabut, dalam beberapa bulan terjadi penurunan massa tulang alveolar. Makin lama akan terjadi penyusutan tulang rahang yang parah sehingga otot wajah, pipi, dan bibir, berubah," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu gigi tiruan yang bisa menahan tulang rahang adalah implan gigi. Implan ini biasanya ditanam dalam tulang rahang. "Tekanan pada tulang rahang dari implan ini akan membuat tulang terus menghasilkan osteoblast sehingga bentuk rahang tidak berubah," katanya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X