Kompas.com - 27/12/2014, 09:30 WIB
Buah merupakan sumber antioksidan. ShutterstockBuah merupakan sumber antioksidan.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kalium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh. Asupan kalium yang cukup terkait dengan turunnya risiko kematian 20 persen dari segala penyebab, menurunkan risiko stroke dan tekanan darah, dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

Kalium merupakan salah satu dari tujuh mineral penting yang dibutuhkan tubuh, bersama dengan kalsium, magnesium, fosfor, natrium, klorida, dan sulfur.

Fungsi utama kalium dalam tubuh diantaranya membantu membangun dan menggerakkan otot-otot, memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, mensintesis protein, mengatur aktivitas elektrik jantung, menjaga volume cairan tubuh dan menjaga agar sel berfungsi normal.

Kalium tidak menyembuhkan atau mencegah penyakit jantung. Tapi asupan kalium yang cukup dapat melindungi jantung dengan beberapa cara, seperti membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Pilihlah sayur dan buah sebagai sumber kalium.

Kalium juga membantu meningkatkan masalah yang berhubungan dengan irama jantung. Mineral ini berperan dalam detak jantung, jadi jika Anda menderita masalah irama jantung, kalium mungkin akan sangat bermanfaat.

Makanan yang kaya kalium menciptakan lingkungan basa dalam tubuh yang melawan asidosis yang disebabkan oleh diet yang tidak sehat. Makanan yang tinggi asidosis seperti daging dan sereal olahan memicu asidosis metabolik. Hal ini menyebabkan hilangnya kepadatan mineral tulang dan melemahkan otot-otot.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menelan 5266 miligram kalium per hari memiliki rata-rata 1,6 kilogram lebih sedikit jaringan massa lemak daripada orang yang mengasup kalium 50 persen lebih rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber kalium terbaik

Memperbanyak buah-buahan dan sayuran dalam pola makan adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan kalium. Produk susu, biji-bijian, daging, dan ikan juga merupakan sumber kalium.

Makanan kaya kalium juga termasuk kentang, tomat, buah-buahan segar, terutama pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis dan kacang polong, dan buah-buahan kering.

Dianjurkan agar Anda menjaga asupan 4.700 mg kalium per hari untuk kesehatan yang baik. Cara termudah untuk mendapatkan jumlah ini adalah dengan menambahkan buah-buahan dan sayuran tinggi kalium dalam diet. (Eva Erviana)


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X