Kompas.com - 06/01/2015, 10:50 WIB
Ilustrasi oatmeal. ShutterstockIlustrasi oatmeal.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Whole grain alias biji padi-padian utuh merupakan sumber serat sehat yang terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Whole grain bisa kita dapatkan dalam bentuk sereal, oatmeal, roti whole meat, atau biskuit.

Orang yang rutin mengonsumsi biji padi-padian utuh diketahui akan berumur lebih panjang dan terhindar dari penyakit jantung. Namun, tidak ada bukti yang menyebutkan konsumsi whole grain bisa mencegah penyakit kanker.

Studi terbaru mengenai kaitan antara biji padi-padian utuh dengan penyakit jantung ini disampaikan oleh tim dari Universitas Harvard . Studi itu melibatkan 74.000 wanita dan 44.000 pria dari pertengahan tahun 1980-an sampai 2010.

Makin sering seseorang mengasup biji padi-padian utuh, makin rendah risikonya terkena penyakit jantung. Rata-rata responden dalam penelitian ini mengonsumsi sekitar 28 gram whole grain setiap harinya.

Penelitian lain menunjukkan, rutin mengonsumsi serelia utuh dan membatasi konsumsi biji padi-padian yang digiling, bisa menurunkan ukuran lemak perut sampai 10 persen lebih kecil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber yahoo news
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X