Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Whole Grain" Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kompas.com - 06/01/2015, 10:50 WIB

KOMPAS.com - Whole grain alias biji padi-padian utuh merupakan sumber serat sehat yang terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Whole grain bisa kita dapatkan dalam bentuk sereal, oatmeal, roti whole meat, atau biskuit.

Orang yang rutin mengonsumsi biji padi-padian utuh diketahui akan berumur lebih panjang dan terhindar dari penyakit jantung. Namun, tidak ada bukti yang menyebutkan konsumsi whole grain bisa mencegah penyakit kanker.

Studi terbaru mengenai kaitan antara biji padi-padian utuh dengan penyakit jantung ini disampaikan oleh tim dari Universitas Harvard . Studi itu melibatkan 74.000 wanita dan 44.000 pria dari pertengahan tahun 1980-an sampai 2010.

Makin sering seseorang mengasup biji padi-padian utuh, makin rendah risikonya terkena penyakit jantung. Rata-rata responden dalam penelitian ini mengonsumsi sekitar 28 gram whole grain setiap harinya.

Penelitian lain menunjukkan, rutin mengonsumsi serelia utuh dan membatasi konsumsi biji padi-padian yang digiling, bisa menurunkan ukuran lemak perut sampai 10 persen lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com