Kompas.com - 09/01/2015, 07:15 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Mereka yang lama tak olahraga atau baru rutin olah raga pasti merasa pegal linu sehari setelah olahraga. Pegal linu itu bisa menyebabkan kita sulit jalan atau bahkan kesulitan mengangkat tangan untuk menyisir rambut.

Pegal linu ini disebut DOMS atau delayed-onset muscle soreness. Ketidaknyamanan ini seharusnya tak bikin kapok. Ini pertanda otot sedang dilatih agar lebih kuat.

"Pegal linu itu artinya Anda sedang melatih otot yang jarang digunakan atau melatihnya otot yang sudah kuat agar lebih kuat lagi. Saat latihan itu terjadi sobekan dan trauma mikro dalam otot. Ketika otot pulih, otot jadi lebih kuat dan padat dari sebelumnya," kata pelatih kebugaran selebriti Harley Pasternak.

Pegal linu terjadi mungkin dalam hitungan beberapa jam setelah olah raga. Pasternak mengatakan pegal itu berlangsung selama satu hingga dua hari setelah olahraga. "Kita tak perlu khawatir justru harusnya bangga karena sedang membangun otot dan membakar kalori," ujarnya.

Kendati demikian, kita seharusnya juga mengenali perbedaan nyeri baik seperti DOMS dan jenis nyeri yang bisa jadi merupakan sinyal cedera terkait olahraga. Kita perlu waspada ketika mengalami nyeri tajam atau sensasi terbakar pada sekelompok otot saat olahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan olaraga dan istirahat. Lantas segera cari bantuan dokter ahli untuk mengatasinya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.