Kompas.com - 05/02/2015, 07:15 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selalu tercium aroma tak sedap saat berdesak-desakan di gerbong kereta api atau bus saat berangkat dan pulang kerja. Bakteri di dalam keringat di ketiak bercampur dengan bulu ketiak menyebabkan bau keringat jadi dasyat.

Di dalam kulit kita terdapat kelenjar sebasea yang mengeluarkan minyak (sebum) dan kelenjar keringat. Kelenjar sebasea ini bermuara di bulu rambut dan mengeluarkan minyak dengan aroma khas tubuh seseorang. 

"Sementara kelenjar keringat terdiri dari dua macam, ekrin yang mengeluarkan keringat di seluruh tubuh dan apokrin yang bermuara di bagian tubuh tertentu seperti di ketiak, pubis dan sekitar anus," kata dosen bagian kulit fakultas kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta Dr. Kardiana Dewi, SpKK.

"Dalam keadaan tertentu seperti saat berdesak-desakan di kendaraan umum, ketiak jadi basah karena keringat keluar dari kelenjar apokrin," ujar Dr. Dewi.

Sejatinya, keringat berlebih dari ketiak ini tidak berbau. "Tetapi ketika keringat berlebih ini bercampur bakteri, mulailah timbul bau tidak sedap. Ditambah lagi dengan aroma khas tubuh kita dari kelenjar sebasea dan bulu ketiak, bau badan pun makin tak sedap," tutur dokter spesialis lulusan Universitas Diponegoro Semarang ini.

Menghilangkan bulu ketiak, menurutnya, bakal membantu mengurangi aroma tubuh yang tidak sedap. "Selain membersihkan bulu ketiak, ada sejumlah tindakan yang dilakukan untuk mengatasinya. Tindakan paling mudah adalah memakai antiperspiran," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.