Kompas.com - 23/02/2015, 16:41 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
–Julianne Moore meraih penghargaan aktris terbaik pada Academy Awards 2015 melaui perannya sebagai penderia Alzheimer dalam film Still Alice.

Dalam sambutannya, peraih piala Oscar 2015 ini tak hanya mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak. Moore juga menyinggung soal penyakit Alzheimer yang banyak dialami orang lanjut usia itu.

"Begitu banyak orang dengan penyakit ini yang masih merasa terisolasi dan terpinggirkan," kata Moore di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (22/2/2015) waktu setempat atau Senin (23/2/2015) WIB.

Moore berharap film yang diperankan olehnya ini dapat membuat orang dengan Alzheimer tak merasa sendirian.  Aktris berusia 54 tahun itu pun berharap penyakit ini menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dan diperhatikan agar bisa ditangani dengan baik.

"Orang-orang dengan penyakit Alzheimer pantas untuk dilihat sehingga kita bisa menemukan obatnya," lanjut Moore.

Still Alice merupakan film berdasarkan novel karya Lisa Genova yang menceritakan tentang kisah Moore sebagai seorang profesor linguistik yang didiagnosis menderita Alzheimer.

Alzheimer sendiri adalah penyakit demensia yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat, fungsi kognitif, hingga kemampuan mental. Penyakit yang menyerang otak ini biasanya terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Alzheimer memang belum banyak dikenal masyarakat luas. Gejala-gejala awal yang muncul pun sering kali tak disadari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.