Kompas.com - 20/03/2015, 07:15 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

SENTUL, KOMPAS.com - Makanan mengandung gula memang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Tetapi, konsumsi gula harus dibatasi karena berpengaruh negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan gigi.

Gula merupakan musuh terbesar bagi gigi. Zat gula di dalam rongga mulut akan menjadi "makanan" bagi bakteri dan diubah menjadi asam. Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Penelitian juga menemukan bahwa lubang pada gigi akan terus melebar jika kita banyak mengasup makanan manis atau menambahkan gula pada makanan.

"Karena itu rekomendasi WHO yang terbaru menyarankan untuk membatasi asupan gula kurang dari 5 persen dari total kalori harian, atau setara dengan 25 gram gula atau 6 sendok teh," kata drg.Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Relationship Oral Care PT.Unilever Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 2012 WHO merekomendasikan untuk menurunkan asupan gula kurang dari 10 persen dari asupan total harian. Tetapi kemudian aturan tersebut direvisi lagi.

"Jika kita mengurangi gula kurang dari 5 persen dari total kalori harian, manfaatnya adalah menurunkan risiko gigi berlubang seumur hidup," imbuh Mirah.

Asupan gula bisa berupa sukrosa, glukosa, atau fruktosa. Ini berarti bukan hanya permen yang lengket saja yang bisa merusak gigi, tapi juga minuman bersoda, minuman energi (sport drink) madu, jus buah, dan sebagainya.

Salah satu kiat untuk mengurangi asupan gula adalah dengan menggabungkan waktu makan dengan waktu ngemil. "Jadikan makanan manis itu sebagai dessert agar produksi asamnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan jika kita mengonsumsi makanan manis di antara waktu makan," katanya.

Orangtua juga perlu membatasi konsumsi gula pada anak. Jaga kesehatan gigi anak dengan selalu membersihkan gigi anak setelah mereka mengonsumsi susu. "Paling tidak berkumur dengan air putih. Selain itu jangan biasakan anak mengedot botol susu sebelum tidur karena itu sama saja dengan merendam gigi anak ke dalam susu," ujarnya.

Selain mengurangi konsumsi gula, jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Periksakan gigi ke dokter gigi setiak 6 bulan sekali dan minum cukup air putih.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.