Kompas.com - 22/05/2015, 19:20 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
KOMPAS.com - Mereka yang berisiko mengalami kanker kulit direkomendasikan untuk mengasup nikotinamida. Ini adalah
bentuk vitamin B3 yang bila dikonsumsi dapat menurunkan risiko kanker kulit non melanoma. Kanker kulit non melanoma ini adalah sekelompok kanker yang berkembang secara perlahan di lapisan kulit atas. 

Hasil studi yang dilakukan di University of Sydney ini, disebutkan American Society of Clinical Oncology  dapat menawarkan cara untuk mengurangi beban kesehatan dan biaya dari kanker kulit. Kanker kulit ini, termasuk jenis penyakit yang kerap dijumpai pada orang dengan kulit putih. 

Penyebab utama kanker kulit non melanoma ini adalah paparan radiasi ultraviolet sinar matahari, yang merusak DNA seluler dan menekan kemampuan sistem imunitas kulit untuk memusnahkan sel-sel abnormal. "Kami mencari jalan untuk melawannya," ujar Diona Damian, profesor dermatologi di University of Sydney

Dikatakan penulis utama studi tersebut, 386 pasien yang terlibat dalam riset menunjukkan bahwa nikotinamida mengurangi risiko untuk kanker sel skuamosa dan basal, jenis dari kanker kulit non melanoma yang umum ditemui. 

Efek perlindungan nampaknya dimulai tiga bulan setelah konsumsi dimulai. Namun, berhenti setelah pasien menghentikan konsumsi vitaminya. "Hal ini mengindikasikan perlunya melanjutkan konsumsi tablet agar efektif," lanjutnya. 

Menurut Dr. Peter Paul Yu, presiden ASCO dan direktur riset kanker Palo Alto Medical Foundation, vitamin tersebut tergolong jenis vitamin yang murah. "Dan mudah diperoleh," imbuh Damian. 

Meski ada efek perlindungan dari nikotinamida, para peneliti mewanti-wanti mereka yang berisiko tinggi terkena kanker kulit, agar tetap menggunakan tabir surya dan melakukan skrining kanker kulit secara rutin.

Selain itu, nikotinamida, lanjut Damian, sebaiknya hanya digunakan oleh mereka yang berisiko tinggi untuk kanker kulit. "Ini bukan sesuatu yang akan kami rekomendasikan, untuk populasi umum," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.