Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2015, 19:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyaknya kandungan nutrisi pada buah, membuat buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, konsumsi buah setiap hari pun tak boleh terlewatkan, termasuk saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Namun, tak sedikit orang yang masih menghindari mengonsumsi buah, karena takut sakit perut. Padahal, pemilihan buah yang tepat takkan membuat sakit perut, justru bisa menjaga stamina selama berpuasa.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat berpuasa wajib melengkapi makanan dengan sayur dan buah, baik saat sahur maupun saat berbuka.


“Kurangi makanan berlemak dan makanan manis yang selama berpuasa. Ganti manis dari makanan atau minuman yang berlebihan, dengan buah. Konsumsi buah juga jangan seadanya, usahakan harus memenuhi kebutuhan tubuh, yaitu 75% untuk wanita dewasa dan 90% untuk pria dewasa,” jelas dr. Fiastuti saat ditemui media dalam acara Kiwi Zespri.

Buah  yang dipilih sebaiknya adalah buah yang kaya serat, karena serat dapat membantu merasa kenyang lebih lama, indeks glikemiknya rendah, serta tinggi vitamin C sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


“Proses pencernaan yang optimal akan menjaga saluran cerna tetap sehat, membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil, sehingga tidak cepat merasa lapar. Selain itu, juga harus yang bervitamin tinggi dan bernutrisi tinggi agar kebutuhan vitamin harian tercukupi, salah satunya adalah buah kiwi,” kata dr. Fiastuti.

Dr. Fiastuti menambahkan, pada dasarnya, buah aman dikonsumsi kapanpun. Tapi, jika memang ada riwayat pencernaan sensitif, konsumsi buah bisa dilakukan setelah mengonsumsi makanan sahur ataupun takjil manis saat berbuka puasa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+