Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Duduk Bikin Wanita Rentan Derita Kanker

Kompas.com - 16/07/2015, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Hitunglah berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam sehari untuk duduk? Jika aktivitas Anda mayoritas adalah duduk, sebaiknya mulai kurangi dan tingkatkan kegiatan fisik untuk mencegah kanker.

Waktu duduk yang terlalu banyak meningkatkan risiko kanker sampai 10 persen pada wanita. Penelitian menunjukkan, setiap dua jam yang kita habiskan untuk duduk secara statistik meningkatkan risiko kanker kolon 8 persen dan kanker endometriosis 10 persen, dan juga kanker payudara.

Ada beberapa alasan mengapa terlalu banyak duduk dianggap setara bahaya dengan merokok. Antara lain karena kebanyakan waktu duduk dipakai untuk menonton televisi sambil mengonsumsi camilan dan minuman manis.

Selain itu, banyak duduk di dalam ruangan juga membuat kita beresiko kekurangan vitamin D yang diproduksi tubuh saat kita terpapar sinar matahari.

Pada bulan Februari lalu, direktur eksekutif Apple, Tim Cook, mengatakan bahwa "duduk adalah kanker yang baru". Karena itu dalam jam tangan pintar yang dipakainya ia memasukkan peringatan untuk mengingatkannya agar berdiri dan bergerak selama 10 menit.

Bahaya dari duduk terlalu lama bukan kali ini saja diungkapkan dalam hasil riset. Sebelumnya ditemukan, orang yang banyak duduk beresiko dua kali lipat terkena diabetes atau penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang banyak bergerak.

Mungkin bahaya paling "ringan" dari banyak duduk adalah nyeri pada otot, persendian, dan nyeri punggung.

"Saat kita duduk terlalu lama, perubahan enzim terjadi di otot yang akan meningkatkan kadar gula darah. Efeknya terjadi sangat cepat dan olahraga rutin tidak bisa sepenuhnya melindungi," kata Dr.Emma Wilmot dari Universitas Leicester.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com