Kompas.com - 19/07/2015, 11:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Buah pisang sangat populer di kalangan para atlet. Buah yang mengandung nutrisi tinggi ini adalah pilihan snack sehat. Kelebihan lainnya adalah bisa menjadi sumber energi sebaik sport drink.

Karena kandungan gizinya itu, sekaligus rasanya enak, para ahli gizi dan pelatih sering merekomendasikan pisang untuk para atlet. Namun, tak semua orang suka pisang. Entah karena teksturnya, rasanya, atau efeknya di perut.

Untungnya, orang yang tidak suka pisang bisa menggantinya dengan buah lain yang memiliki manfaat sama. Salah satu buah yang disarankan adalah kiwi.

Seperti pisang, kiwi juga bisa dikonsumsi langsung atau dipasangkan dengan makanan lain dan dibuat berbagai variasi makanan. Kiwi sangat cocok ditambahkan dalam sereal, oatmeal, yogurt, salad, smoothie, dan juga dessert.

Selain itu, kiwi juga memiliki nutrisi yang sangat mirip dengan pisang. MIsalnya saja, dalam satu buah pisang ukuran sedang dan satu sajian kiwi, terkandung jumlah kalori, potasium, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B dan magnesium yang beda tipis.

Salah satu yang agar berbeda adalah kandungan vitamin C. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C 13 kali lebih tinggi dibanding pisang ukuran sedang. Jika selama ini pisang identik dengan potasium, sebenarnya kiwi juga kandungannya hampir setara, bahkan sedikit lebih tinggi.

Bila dibandingkan kandungan karbohidratnya, kiwi, seperti halnya pisang, adalah pilihan gampang untuk meningkatkan kadar energi dengan cepat.

Selain kiwi, buah lain yang kandungan nutrisinya hampir sama dengan pisang adalah mangga dan semangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber STACK
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.