Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2015, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Menurut survei di Inggris, 7 dari 10 perempuan hamil mengaku mengalami masalah pada kaki, seperti pergelangan kaki bengkak (37%), kaki bengkak selain pergelangan (45%), serta sakit pada tulang kering dan tumit karena mengenakan sepatu datar, sandal jepit, sepatu tumit tinggi, dan boot ber-calf sempit (16%).

 

Nah, berikut ini adalah tip memilih sepatu yang tepat saat hamil agar Ibu hamil tetap nyaman menjalani aktivitas, antara lain:

 

1. Sepatu flat atau bertumit rendah atau maksimal tingginya 2 cm.

 

2. Solnya lebar dan bergerigi halus untuk menghindari kejadian terpeleset. Baiknya pilih sol dari karet, karena tidak licin ketika berjalan.

 

3. Ukurannya pas, tidak terlalu longgar atau sempit. Lebih baik lagi jika ada ruang untuk jari-jari kaki bergerak bebas.

 

4. Terasa empuk dan lentur di kaki, sehingga ibu hamil dapat berjalan dengan nyaman.

 

5. Terbuat dari bahan alami berpori, seperti kanvas, suede yang halus atau kulit agar tak ada penumpukan keringat yang mengakibatkan timbulnya bakteri dan bau kaki.

 

6. Beli alas kaki pada siang hari atau menjelang malam, karena setelah beraktivitas seharian, kaki cenderung lelah dan membesar hingga ukuran paling besar.

 

7. Bentuknya mengikuti fisiologis telapak kaki, yaitu memiliki lengkung medial arc support (tonjolan pada sisi dalam alas kaki yang berguna untuk menyanggah arcus). Setiap kaki manusia, kecuali yang flat foot alias kaki rata, memiliki lengkungan yang disebut arcus sebagai penyeimbang sekaligus meringankan kerja otot-otot kaki saat melangkah.

 

8. Memiliki tonjolan pada alas kaki untuk kenyamanan dan membantu menjaga keseimbangan, sebab tonjolan ini mampu membagi beban tubuh ibu hamil secara merata

 

9. Bagian dalam belakangnya sedikit lebih tinggi dari bagian depan, supaya kerja otot betis lebih ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com