Kompas.com - 06/09/2015, 11:34 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perpisahan dengan orang yang Anda cintai, tidak hanya akan membuat Anda patah hati, sedih, marah dan kesepian. Perpisahan atau perceraian juga akan merugikan kesehatan fisik Anda.

"Setiap pikiran, setiap tindakan, setiap kata,  menciptakan respon fisik oleh otak," jelas Kathleen Hall, ahli manajemen stres dan pendiri Mindful Living Network. "Selama perceraian, Anda memilah-milah hal-hal besar dalam hidup Anda. Pernikahan, cinta, anak-anak. Ketika semua itu kandas, rasanya seperti ada bom yang dijatuhkan dan merusak nilai-nilai dan sudut pandang Anda selama ini. Hal ini akan  memengaruhi fisiologis lebih dari yang Anda bisa bayangkan."

Berikut ini penjelasan tentang bagaimana perceraian dapat sangat merugikan kesehatan Anda baik secara fisik maupun mental, dan cara mengatasinya.

1. Stres kronis

Akibat stres karena perceraian, tubuh akan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol. Menurut Hall, sejumlah besar kortisol selama periode stres, seperti selama perceraian, dapat memengaruhi hampir semua sistem kerja organ di dalam tubuh, termasuk tekanan darah dan denyut jantung.

2. Sulit tidur

Masih menurut Hall, tubuh dapat resah dengan tidak lagi memiliki pasangan yang akrab di sisi Anda. Akibatnya, timbullah stres fisik yang membuat Anda tidak bisa memejamkan mata. Kadar kortisol yang tinggi juga dapat berkontribusi menjadi penyebabnya.

Stres dan kurang tidur seperti lingkaran setan. Stres membuat Anda sulit tidur, sebaliknya kurang tidur dapat memicu stres. Hall menyarankan Anda untuk mendahulukan tidur terlebih dulu agar kadar stres otomatis berkurang.

3. Melemahkan daya tahan

Stres dapat memengaruhi daya tahan dengan cepat. Penyakit flu misalnya, mudah menyerang mereka yang stres. Pasalnya,  saat stres daya tahan tubuh menjadi lemah. Penyakit autoimun, di mana tubuh berbalik melawan dirinya sendiri, juga mungkin terjadi setelah proses perceraian yang berat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.