Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bentuk Otot? Konsumsi Protein dan Buah Nanas

Kompas.com - 21/09/2015, 11:00 WIB
KOMPAS.com - Anda yang sedang berlatih keras untuk membentuk otot-otot sempurna tentu sudah hapal dengan manfaat protein. Protein memang termasuk bahan baku untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan otot.

Setiap hari kita disarankan untuk mengasup sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Sementara itu atlet elit rata-rata bisa mengonsumsi 2 gram protein per kilogram berat badan.

Untuk memaksimalkan penyerapan tubuh akan protein, sebaiknya Anda tidak melupakan manfaat buah nanas. Menurut ahli gizi Jansen Ongko, Msc, RD, buah nanas mengandung enzim bromelain.

"Bromelain ini meningkatkan penyerapan protein. Agar hasilnya optimal konsumsi nanas setelah berolahraga," katanya dalam acara Fruit Summit 2015 yang digelar oleh Sunpride di Jakarta (19/9/15).

Selain itu bromelain juga memiliki manfaat mempercepat proses penyembuhan luka serta dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh.

Bila Anda tidak menyukai nanas karena takut lidah menjadi gatal, sebenarnya saat ini sudah ada nanas Honi yang tidak membuat gatal. Hal ini karena nanas ini berasal dari varietas yang kandungan kalsium oksalatnya terendah. Kalsium oksalat adalah zat yang membuat tenggorokan terasa gatal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com