Kompas.com - 21/09/2015, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Anda yang sedang berlatih keras untuk membentuk otot-otot sempurna tentu sudah hapal dengan manfaat protein. Protein memang termasuk bahan baku untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan otot.

Setiap hari kita disarankan untuk mengasup sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Sementara itu atlet elit rata-rata bisa mengonsumsi 2 gram protein per kilogram berat badan.

Untuk memaksimalkan penyerapan tubuh akan protein, sebaiknya Anda tidak melupakan manfaat buah nanas. Menurut ahli gizi Jansen Ongko, Msc, RD, buah nanas mengandung enzim bromelain.

"Bromelain ini meningkatkan penyerapan protein. Agar hasilnya optimal konsumsi nanas setelah berolahraga," katanya dalam acara Fruit Summit 2015 yang digelar oleh Sunpride di Jakarta (19/9/15).

Selain itu bromelain juga memiliki manfaat mempercepat proses penyembuhan luka serta dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh.

Bila Anda tidak menyukai nanas karena takut lidah menjadi gatal, sebenarnya saat ini sudah ada nanas Honi yang tidak membuat gatal. Hal ini karena nanas ini berasal dari varietas yang kandungan kalsium oksalatnya terendah. Kalsium oksalat adalah zat yang membuat tenggorokan terasa gatal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.