Kompas.com - 24/10/2015, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi cenderung akan mengalami nyeri tendon atau perubahan struktur tendon.

Kolesterol sangat penting untuk tubuh, tapi jika kadarnya terlalu banyak dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta gangguan otot dan persendian.

Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang. "Tendinopati adalah kondisi saat seseorang merasakan nyeri ketika memakai tendon mereka," kata James E.Gaida, peneliti.

Gaida melakukan riset mengenai kaitan antara nyeri tendon dan kolesterol. Menurutnya, tendinopati bisa mengenai semua bagian tendon, termasuk tendon Achilles di tumit atau di bagian bahu.

"Yang menarik adalah pola dari perubahan kadar kolesterol yang terlihat pada kondisi tendinopati serupa dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular," katanya.

Dengan kata lain, apa yang buruk bagi jantung, juga buruk bagi tendon. "Kolesterol yang tinggi dalam darah bisa menumpuk di matriks tendon," katanya.

Para ahli menduga, deposit kolesterol akan memicu inflamasi tendon sehingga strukturnya ikut berubah. Area tersebut pun lebih rentan pada cedera dan nyeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.