5 Efek Stres pada Kesehatan Kulit

Kompas.com - 12/11/2015, 10:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Efek pekerjaan yang menumpuk dan berbagai masalah lain, tidak hanya membuat mood Anda menjadi buruk tapi juga bisa berakibat negatif pada penampilan, tepatnya kulit Anda pun bisa ikut stres. Berikut ini efek stres pada kesehatan kulit, menurut para pakar.

 

1. Jerawat bertambah parah

Saat stres, tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol. “Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon khas pria ini (testoteron) menyebabkan terjadi lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat memerah dan lebih meradang,” kata dokter kulit Neal Schultz, MD

Atasi dengan: Cuci wajah dua kali sehari untuk melenyapkan kelebihan minyak. Aplikasikan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

 

2. Mata Anda terlihat sangat lelah

Dalam kondisi stres, Anda akan cenderung kurang tidur. Hasilnya, sirkulasi darah Anda melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas dan menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata dan mata sembab, kata dokter spesialis kulit Jeanette Graf, MD.

Atasi dengan: Tidur cukup dan gunakan concealer dengan ujung yang mampu memijat kulit di sekitar mata agar mata nampak lebih cerah.

 

3. Kulit terlihat kusam

Kulit bercahaya Anda akan hilang begitu Anda dilanda stres, karena tubuh Anda kehilangan cairan sehingga tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati sebagaimana biasanya, jelas dokter kulit Amy Wechsler, M.D.

Atasi dengan: Anda membutuhkan hidrasi dan pengelupasan kulit. Solusi termudah: gunakan pelembab wajah dengan asam salisilat untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sekaligus membantu kulit mendapatkan kelembabannya kembali.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber seventeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X