Kompas.com - 22/11/2015, 18:41 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mencuci seprai selain untuk menjaga kebersihan juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Profesor Marilyn Roberts dari University of Washington menyatakan kepada Yahoo, bahwa kita harus mencuci seprai seminggu sekali.

 

“Itu pun jika memang tidak ada sekresi tubuh atau faktor risiko potensial lainnya,” ujar Roberts. Jika sudah ditemukan noda kotor di seprai, entah apa pun itu, disarankan untuk segera mencucinya. Karena, ada beragam bahaya mengintai di balik kotoran-kotoran tersebut.

 

Misalnya saja jika kita berkeringat saat tidur, maka bukan tak mungkin kita telah mengubah seprai menjadi lebih hangat dan lembab, sebuah lingkungan ideal untuk tumbuhnya bakteri. Yahoo melaporkan, beberapa infeksi kulit dapat melompat dari orang ke seprai, kemudian kembali ke orang.

 

Good Housekeeping juga menyarankan untuk mencuci seprai seminggu sekali, maksimal dua minggu sekali, karena semua kuman, keringat, dan minyak tubuh yang menumpuk.

 

Roberts mengatakan orang yang mengalami obesitas, perenang, atau orang tua- serta orang lain yang lebih rentan terhadap infeksi kulit harus memberi perhatian lebih pada kebersihan seprai mereka.

 

Dan, tentu saja, hewan peliharaan. Bahkan, hewan peliharaan yang sudah dimandikan dengan bersih, tetap tidak membuat seprai lebih bersih.

 

"Hewan tetaplah hewan, mereka harus memiliki tempat tidur mereka sendiri, karena mereka dapat menjadi reservoir untuk penyakit manusia."

 

GQ bahkan membuat peraturan yang lebih ketat untuk mencuci seprai seminggu sekali dengan alasan "tidak ada gunanya rajin mencuci pakaian, jika Anda kembali tidur di lembar kotor di akhir hari."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.