Kompas.com - 26/11/2015, 19:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Telah banyak penelitian yang mengaitkan kelebihan berat badan atau obesitas dengan berbagai risiko penyakit. Tak hanya orang obesitas, mereka yang tubuhnya kurus tetapi perutnya buncit atau obesitas sentral pun berisiko.

Dokter Spesialis Jantung dari Gleneagles Hospital Peter Ting mengatakan, perut buncit bisa menimbulkan masalah pada jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Bahkan, beberapa penelitian mengaitkan perut buncit dengan adanya kista di rahim, kanker, demensia, dan perlemakkan hati.

"Jadi jangan hanya fokus pada penurunan berat badan, tapi juga lingkar pinggang orang tersebut," ujar Peter dalam diskusi di Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Masih banyak orang beranggapan bahwa perut buncit bukanlah masalah. Padahal, lemak di perut atau massa lemak viseral bisa menyebabkan gangguan metabolik tubuh. Timbunan lemak tersebut bisa menyumbat pembuluh darah dan terjadilah peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Peter mengatakan, ada dua tipe penumpukan lemak di perut, yaitu lemak di dinding perut saja dan lemak yang menumpuk atau menutupi seluruh organ di perut. Nah, tipe lemak yang menutupi seluruh organ inilah yang berisiko tinggi menyebabkan penyakit.

Untuk melihat sebaran lemak di perut, bisa dilakukan pemeriksaan dengan MRI. "Lemak di perut bisa dihilangkan dengan rutin olahraga dan pola makan yang sehat," kata Peter.

Idealnya, lingkar pinggang orang dewasa tidak lebih dari 80 cm untuk perempuan dan tidak lebih dari 90 cm untuk laki-laki. Jika melebihi ukuran tersebut, maka dikatakan perut buncit dan berisiko terkena berbagai penyakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.