Kompas.com - 19/01/2016, 19:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan pribadi seperti mencuci tangan dan menyikat gigi akan menjaga bakteri dan virus penyebar penyakit tetap jauh. Selain itu, ada manfaat psikologis juga yang akan Anda dapat dari kebiasaan bersih tersebut.

"Menjaga kebersihan pribadi akan membuat Anda merasa baik dan nyaman terhadap diri sendiri, yang mana hal ini penting untuk kesehatan mental Anda," kata Donald Novey, MD, dokter pengobatan integratif dari Advocate Medical Group di Park Ridge, Illinois.

Orang dengan tingkat kebersihan yang buruk seperti rambut dan pakaian yang kotor, napas berbau tak sedap, bau badan, gigi kotor atau tanggal karena kurang dirawat, akan terlihat tidak sehat dan cenderung dijauhi orang lain. Berikut panduan untuk selalu bersih demi menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

1. Mandi dan keramas dengan teratur

Kita yang tinggal di negara tropis, cenderung berkeringat setiap hari. Mandi dua kali sehari, setiap pagi dan sore, adalah salah satu cara menjaga kebersihan pribadi yang terbaik. Keramaslah sesering yang dibutuhkan.

Bagi yang memiliki jenis rambut berminyak, sebaiknya keramas dua kali sehari. Bagi yang memiliki jenis rambut normal atau kering, bisa dua hari sekali. Jika aktivitas Anda membuat rambut kotor setiap hari, keramaslah menggunakan shampo yang lembut.

"Kulit kita luruh setiap hari, menghasilkan sel-sel kulit mati. Jika sel-sel mati ini tidak dibersihkan maka akan menumpuk dan bisa menyebabkan infeksi," kata dr. Novey.

 

2. Gunting kuku

Menjaga agar panjang dan bentuk kuku selalu dalam bentuk yang baik, juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan pribadi. Sambil menggunting, bersihkan area sela-sela kuku dan potong juga bagian kutikula dan kulit yang mengeras di sekitar kuku.

 

3. Sikat gigi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.