Kompas.com - 21/01/2016, 11:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Jika Anda ingin menurunkan berat badan, saatnya memulai makan oatmeal pada pagi hari. Mengapa demikian?

1. Didukung bukti ilmiah
Sebuah studi kecil menemukan, mereka yang makan oatmeal setiap hari selama enam pekan memiliki penurunan kolesterol dan penurunan ukuran perut lebih besar daripada mereka yang makan mi pada periode yang sama.

2. Kenyang lebih lama
Tidak perlu mencari camilan lain pada pagi hari ketika sarapan oatmeal karena makanan ini mengandung kalori dan serat yang dibutuhkan untuk tetap kenyang sepanjang pagi. 


Tak seperti sereal sarapan yang penuh gula, tubuh mencerna oatmeal lebih lambat, menjaga gula darah tetap stabil, energi bertambah, dan rasa lapar hilang.

3. Mengonsumsi karbohidrat pada waktu yang tepat
Ketika harus menurunkan berat badan, pelatih selebriti Bob Harper dan Gunnar Peterson setuju bahwa kita harus makan karbohidrat untuk sarapan. Ahli nutrisi dari Manhattan Shira Lenchewski mengatakan, "Karbohidrat dibakar lebih efisien pada pagi hari daripada malam."

Dengan begitu, karbohidrat pasti terpakai dan tidak disimpan sebagai lemak di tubuh. Shira juga merekomendasikan porsi karbohidrat terbesar ada pada pagi hari.

4. Tidak membosankan
Sarapan hangat ini seharusnya tidak membosankan. Tambahkan ke mangkuk oatmeal potongan buah-buahan, seperti pisang, stroberi, atau kiwi. Selain enak, buah juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.