Kompas.com - 01/02/2016, 11:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika cuaca tak menentu, lari di treadmill adalah pilihan olahraga yang aman, nyaman dan efisien. Berikut keuntungan lari di dalam ruangan menurut coach dan atlet Jenny Hadfield.

Berkat treadmill, kita dapat berlari tanpa risiko terjatuh terpeleset di jalan raya yang licin. Dengan lari di dalam ruangan itu, kita tetap dapat berolahraga kapan saja tanpa harus terhalang hujan terus menerus. Tak perlu pula khawatir mencari jalur yang aman dari lalu lalang mobil atau bingung karena kehabisan minum.

Latihan di treadmill pun memungkinkan kita mencoba simulasi jalur lomba karena kita dapat mengubah naik turunnya jalur lari seperti yang bakal dihadapi saat lomba. Jenis treadmill baru bahkan memungkinkan kita mengunduh profil jalan saat lomba dan otomatis menyajikan jalur lari lomba.

Dengan lari di treadmill, ada kemungkinan kita mengoreksi cara berlari. Di akhir 90-an peneliti menemukan pelari mengubah frekuensi panjang dan tinggi langkah saat lari di treadmill di bandingkan di jalan karena merasa tak stabli saat lari di treadmill. Hal itu dapat membantu memperbaiki cara lari dan mengurangi dampaknya terhadap tubuh.

Kendati lari di treadmill tak sama persis dengan lari di jalan, riset membuktikan treadmill merupakan alat latihan efektif. Menyetel jalan mendaki satu persen dapat membantu pelari di treadmill yang tidak menghadapi hembusan angin

Saat sudah nyaman berlari, tak ada salahnya mulai mendaftar ikut lomba lari. Mendekati hari lomba, coba lari di luar ruangan untuk simulasi lebih baik kondisi lomba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.