Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2016, 11:19 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Ketika cuaca tak menentu, lari di treadmill adalah pilihan olahraga yang aman, nyaman dan efisien. Berikut keuntungan lari di dalam ruangan menurut coach dan atlet Jenny Hadfield.

Berkat treadmill, kita dapat berlari tanpa risiko terjatuh terpeleset di jalan raya yang licin. Dengan lari di dalam ruangan itu, kita tetap dapat berolahraga kapan saja tanpa harus terhalang hujan terus menerus. Tak perlu pula khawatir mencari jalur yang aman dari lalu lalang mobil atau bingung karena kehabisan minum.

Latihan di treadmill pun memungkinkan kita mencoba simulasi jalur lomba karena kita dapat mengubah naik turunnya jalur lari seperti yang bakal dihadapi saat lomba. Jenis treadmill baru bahkan memungkinkan kita mengunduh profil jalan saat lomba dan otomatis menyajikan jalur lari lomba.

Dengan lari di treadmill, ada kemungkinan kita mengoreksi cara berlari. Di akhir 90-an peneliti menemukan pelari mengubah frekuensi panjang dan tinggi langkah saat lari di treadmill di bandingkan di jalan karena merasa tak stabli saat lari di treadmill. Hal itu dapat membantu memperbaiki cara lari dan mengurangi dampaknya terhadap tubuh.

Kendati lari di treadmill tak sama persis dengan lari di jalan, riset membuktikan treadmill merupakan alat latihan efektif. Menyetel jalan mendaki satu persen dapat membantu pelari di treadmill yang tidak menghadapi hembusan angin

Saat sudah nyaman berlari, tak ada salahnya mulai mendaftar ikut lomba lari. Mendekati hari lomba, coba lari di luar ruangan untuk simulasi lebih baik kondisi lomba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com