Hati-hati, Risiko Diabetes Gestasional saat Hamil

Kompas.com - 04/02/2016, 18:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Diabetes gestasional adalah tipe diabetes yang terjadi pada wanita hamil, dan sebelum dia hamil tidak menderita diabetes. Beberapa wanita bisa menderita diabetes gestasional lebih dari sekali.

Diabetes jenis ini biasanya muncul di tengah masa kehamilan, antara minggu ke-24 sampai ke-28. Penyebab paling umum adalah pola makan tidak terkontrol, terlalu banyak mengasup gula dan kalori, serta kurang aktivitas fisik.

Diabetes gestasional bisa dikontrol dan dicegah dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Kadang, wanita dengan diabetes gestasional harus menjalani terapi insulin.

Masalah yang ditimbulkan oleh diabetes gestasional

Ibu hamil yang kadar gula darahnya tidak terkontrol mungkin akan mengalami beberapa risiko tak menyenangkan, dan bahkan kadang membahayakan seperti:

1. Ukuran bayi terlalu besar
Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kadar gula bayi, tinggi. Bayi menjadi kelebihan asupan gula dan tumbuh besar di atas ukuran normal.

Selain membuat ibu tidak nyaman, ukuran bayi terlalu besar dapat membahayakan baik ibu maupun si bayi itu sendiri, saat persalinan.

Biasanya, bayi harus dikeluarkan dari rahim dengan operasi Caesar. Bayi juga berisiko mengalami kerusakan saraf, karena tekanan besar di bagian bahu saat persalinan.

Wanita yang melahirkan dengan cara Caesar, butuh waktu lebih lama untuk pulih dibanding wanita yang melahirkan dengan cara vaginal.

2. Tekanan darah tinggi (preeklamsia)
Diabetes seringkali menjadi pemicu penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi. Ketika seorang wanita hamil memiliki tekanan darah yang tinggi, dia sangat berisiko mengalami preeklamsia. Ini adalah masalah serius yang perlu diawasi dengan ketat oleh dokter.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CDC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X